Efektivitas Program NU Preneur Dalam Pengelolaan Zakat di LAZISNU Ranting Wonosari Desa KEBONREJO Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi

Izzah As, Erviella Rumzatil Izzah (2023) Efektivitas Program NU Preneur Dalam Pengelolaan Zakat di LAZISNU Ranting Wonosari Desa KEBONREJO Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Islam Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Erviella Rumzatil Izzah As _E20194025.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Efektivitas Program NU Preneur Dalam Pengelolaan Zakat Di LAZISNU Ranting Wonosari Desa Kebonrejo Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi.
LAZISNU Ranting Wonosari merupakan lembaga yang memiliki komitmen keumatan dengan mengedepankan kepentingan umat sebagai pola manajemen zakat dan memiliki posisi strategis terkait pengelolaan zakat. Dalam bidang pendistribusian LAZISNU Ranting Wonosari memiliki beberapa program salah satunya merupakan Program NU Preneur yang pengelolaanya pada zakat produktif atau pemberian modal usaha kepada mustahik.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana implementasi program NU Preneur di LAZISNU Ranting Wonosari? 2. Bagaimana efektivitas program NU Preneur dalam pengelolaan zakat di LAZISNU Ranting.
Tujuan penelitian 1. Untuk mengetahui implementasi program NU Preneur di LAZISNU Ranting Wonosari. 2. Untuk mengetahui efektivitas program NU preneur dalam pengelolaan zakat di LAZISNU Ranting Wonosari.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian eksperimental berbasis fenomenologi, lokasi penelitian ini di LAZISNU Ranting Wonosari Desa Kebonrejo Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. Dalam menentukan informan penelitian ini menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan, sedangkan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa 1) Efektivitas program NU Preneur di LAZISNU Ranting Wonosari dapat dibuktikan dari beberapa indikator-indikator yaitu: ketepatan sasaran program NU Preneur yang sudah efektiv tepat sasaran, sosialisasi program program NU Preneur masih belum efektiv dijalankan dikarenakan adanya beberapa faktor kendala, tujuan program NU Preneur sudah efektiv dalam memberdayakan mustahik dan pengawasan program masih belum efektiv atau belum terlaksanakan dikarenakan beberapa faktor kendala. 2) Implementasi program NU Preneur ada beberapa tahap yang dilakukan yaitu: pertema yaitu perencanaan program NU Preneur yang dilakukan sudah memenuhi prosedur SOP yang ada di LAZISNU Ranting Wonosari seperti: sosialisasi, pendataan, dan survei tempat. Kedua adalah pelaksanaan/ pendistribusian program NU Preneur yang di lakukan LAZISNU Ranting Wonosari sudah sesuai dengan ketentuan, dam imi dapat dibuktikan dari LAZISNU Ranting Wonosari mendistribusikan zakat produktifnya berupa uang dan barang. Ketiga yaitu pengawasan dari hasil penelitian pengawasan di LAZISNU Ranting Wonosari ini masih belum terlaksana dengan baik, dikarenakan ada beberapa kendala seperti kurangnya SDM dan kurang dana.

Kata Kunci : Efektivitas, Program NU Preneur, Pengelolaan Zakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Depositing User: Ms Erviella rumzatil Izzah as
Date Deposited: 23 Oct 2023 07:38
Last Modified: 23 Oct 2023 07:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28875

Actions (login required)

View Item View Item