Kontekstualisasi Peran Perempuan di Era Digital Perspektif Hadist (Studi Hadist Tematik)

Nova Firdiana, Romadhon (2023) Kontekstualisasi Peran Perempuan di Era Digital Perspektif Hadist (Studi Hadist Tematik). Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Nova Firdiana Romadhon_U20192025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nova Firdiana Romadhon, 2023. “Kontekstualisasi Peran Perempuan di Era Digita Perspektif Hadist (Studi Hadist Tematik)”
Perempuan adalah makhluk yang dimuliakan oleh Allah SWT. Dalam kenyataannya perempuan berbeda dari laki-laki dalam segi fisik maupun psikis. Dari hal itu perempuan masih rendah kedudukannya dibandingkan laki-laki. Namun dengan berkembangnya zaman dan sudah memasuki Era perDigitalan perempuan yang mana sudah banyak yang menduduki posisi perempuan diranah publik. Sebab itu terjadinya perbedaan pendapat mengenai perempuan yang bergelut di ranah publik. Hal tersebut dikhawatirkan apabila perempuan tersebut tidak mampu untuk menjalankan tugas sesungguhnya di rumah tangga. Hal tersebut yang membuat penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul Kontekstualisasi Peran Perempuan di Era Digital Perspektif Hadis (Studi Hadist Tematik).
Fokus masalah dalam penelitian ini yaitu: 1). Bagaimana klasifikasi Hadist tentang Peranan Perempuan di Era Digital? 2). Bagaimana Kontekstualisasi Hadis Peranan Wanita di Era Digital? Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui bagaimana perspektif hadis tentang peranan wanita Di Era Digital. 2). Untuk mengetahui kontekstualisasi hadis peranan wanita di Era Digital.
Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library Research). Yang mana pengumpulan datanya dengan cara mengumpulkan dari sumber primer dan sekunder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode studi hadist tematik (Hadist Maudhu’i) dengan langkah-langkah: mengidetifikasikan yang berkaitan dengan permasalahan, mengkaji pemahaman hadis, menghimpun hadis yang setema, melakukan takhrij hadis dari segi sanad dan matannya, dan yang terakhir menyimpilkan dari hadis yang sudah diteliti.
Kesimpulan dari penelitian ini, bahwasanya perempuan dalam perspektif hadis boleh berperan diranah publik dengan menjalankan syarat yang sudah di syariatkan oleh agama dan tidak meninggalkan tugas utama perempuan. Hal ini ditemukan di beberapa hadis Nabi Muhammad SAW. Yang berhubungan dengan perempuan yang berada di ranah publik. Lebih-lebih sekarang di Era Digital perempuan lebih mudah untuk berperan. Karena apa dengan digital perempuan bisa menyerapkan aspirasinya dan memaparkan kerjanya melalui media dan tanpa harus bertemu langsung hal itu yang menjadi sisi positifnya Digital.
Kata Kunci: Peran Perempuan, Publik, Era Digital

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: mrs nova firdiana romadhon
Date Deposited: 23 Oct 2023 07:10
Last Modified: 23 Oct 2023 07:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28876

Actions (login required)

View Item View Item