Implementasi Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XII Di MAN 2 Jember

Safitri, Desy (2023) Implementasi Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XII Di MAN 2 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DESY SAFITRI_T20191042.pdf

Download (4MB)

Abstract

Desy Safitri, 2023: Implementasi Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XII di MAN 2 Jember.
Kata kunci: Implementasi Media Audio Visual, Sejarah Kebudayaan Islam, Minat Belajar Siswa.
Konteks penelitian ini dilatar belakangi dengan minat baca siswa masih begitu rendah dan mereka berfikir bahwa pelajaran sejarah kebudayaan Islam ini membosankan. Melalui media film atau video pendek siswa dapat meningkatkan minat belajar yang lebih menarik, sehingga siswa dapat memahami materi secara baik dan tentunya siswa lebih senang ketika mengikuti pembelajaran mulai awal hingga akhir.
Fokus penelitian yang diteliti yakni (1) Bagaiman Implementasi Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XII Di MAN 2 Jember? (2) Apa Saja Faktor Pendukung Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XII Di MAN 2 Jember? (3) Apa Saja Faktor Penghambat Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XII Di MAN 2 Jember?
Tujuan yang diteliti yakni (1) Untuk mendeskripsikan Implementasi Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XII Di MAN 2 Jember. (2) Untuk mendeskripsikan Faktor Pendukung Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XII Di MAN 2 Jember. (3) Untuk mendeskripsikan Faktor Penghambat Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XII Di MAN 2 Jember.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan analisis Miles, Huberman dan Saldana yakni Condensation (Kondensasi Data) , Data Display ( Penyajian Data) Dan Drawing And Verifying Conclusions (Kesimpulan).
Hasil penelitian menunjukkan (1) Implementasi media audio visual sangat terlihat sangat jelas perubahannya yang awalnya tidak semangat ketika mengikuti pembelajaran dan mereka berfikir bahwa pelajaran sejarah kebudayaan Islam ini pelajaran yang membosankan. Dengan ini dapat kita ketahui bahwa pentingnya guru menerapkan media audio visual pada kelas XII. (2) faktor pendukung media audio visual pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam sarana dan prasarana sudah terfasilitasi di setiap kelasnya dan guru juga melihat kondisi siswa atau biasanya sesuai dengan permintaan siswanya tentunya guru pasti menyesuaikan. (3) faktor penghambat media audio visual pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam yaitu faktor diri sendiri seperti kesehatan siswa dan durasi video yang ditampilkan terlalu panjang menjadikan siswa bosan ketika menonton video tersebut ataupun alur cerita pada video tidak jelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220402 Comparative Religious Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Desy Safitri
Date Deposited: 23 Oct 2023 07:14
Last Modified: 23 Oct 2023 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28878

Actions (login required)

View Item View Item