PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI METODE PEMBIASAAN PADA KELOMPOK A1 DI TK AL-HIDAYAH II JEMBER

Jamilatul Lailiah, Siti Nur Azizah (2023) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI METODE PEMBIASAAN PADA KELOMPOK A1 DI TK AL-HIDAYAH II JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Siti .Nur Azizah Jamilatul Lailiah T20185069.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Siti Nur, 2023: Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Metode Pembiasaan Pada Kelompok A1 Di Tk Al-Hidayah II Jember.

Kata Kunci: Peran Guru, Kemandirian, Metode Pembiasaan.

Peran guru merupakan peran yang sangat penting dalam mendidik anak yang memiliki kesulitan dan hambatan untuk mencapai sebuah tujuan. Untuk menjalankan perannya dalam kegiatan kemandirian pada anak, guru di TK Al-Hidayah II Jember menggunakan metode pembiasaan. Penelitian ini ingin menyelidiki tentang peran guru dalam melakukan kegiatan kemandirian pada anak kelompok A1 melalui metode pembiasaan. Peran-peran tersebut dikaitkan dengan peran guru sebagai pendidik, peran guru sebagai pembimbing dan peran guru sebagai pemberi motivasi (motivator)
Fokus penelitian ini adalah Bagaimana peran guru dalam meningkatkan kemandirian anak melalui metode pembiasaan pada kelompok A1 di TK Al-Hidayah II Jember?
Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan kemandirian anak melalui metode pembiasaan pada kelompok A1 di TK AL-Hidayah II Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek menggunakan purposive. Sedangkan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Dapat disimpulkan bahwa 1) peran guru sebagai pendidik yaitu guru mendidik kemandirian anak didik pada aspek bersyukur dengan menggunakan metode pembiasaan bersyukur sebagai ciptaan Tuhan. Anak didik dengan sendirinya membiasakan berperilaku religius seperti membaca doa sebelum dan sesudah belajar, membaca surat-surat pendek, mengenal rukun Islam dan rukun iman. 2) Peran guru sebagai pembimbing yaitu guru membimbing kemandirian anak pada aspek saling menghargai karya orang lain dengan metode pembiasaan bersikap sopan. Anak didik terbiasa dengan mandiri mengucap salam, bersikap sopan, memiliki kesabaran, berbicara yang baik, dan saling membantu teman-temannya. 3) Peran guru sebagai motivator, yaitu guru intens memberi dukungan moral dalam rangka meningkatkan kemandirian anak pada aspek menyelesaikan tanpa bantuan. Anak selalu mencuci tangan dan menggosok gigi . Anak didik terbiasa mandiri menjaga perilaku hidup bersih dan sehat dengan mencuci tangan dan menggosok gigi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms. Siti Nur Azizah Jamilatul Lailiah
Date Deposited: 23 Oct 2023 07:28
Last Modified: 23 Oct 2023 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28881

Actions (login required)

View Item View Item