ANALISIS PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING PADA UMKM TAHU WALIK MBAK IFA DI DUSUN GUDANG KARANG DESA RAMBIPUJI KECAMATAN RAMBIPUJI KABUPATEN JEMBER

Syahroni, Muhammad Aldad (2023) ANALISIS PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING PADA UMKM TAHU WALIK MBAK IFA DI DUSUN GUDANG KARANG DESA RAMBIPUJI KECAMATAN RAMBIPUJI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Aldad Syahroni_E20193106.pdf

Download (4MB)

Abstract

Muhammad Aldad Syahroni, Dr.Nur Ika Mauliyah,M.Ak, 2023: Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Dengan Menggunakan Metode Full Costing Pada UMKM Tahu Walik Mbak Ifa Di Dusun Gudang Karang Desa Rambipuji Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember
Kata Kunci: Harga Pokok Produksi, Metode Full Costing, UMKM
Harga pokok produksi adalah harga yang dibebankan kepada suatu barang akibat dari proses produksi. Dalam UMKM, banyak terjadi kesulitan dalam pencatatan dan pengolahan data produksi sekaligus pencatatan transaksi keuangan yang terjadi, misalnya perhitungan harga pokok produksi. Dengan menggunakan metode Full Costing diharapkan mampu menghasilkan output berupa harga pokok produksi yang akurat untuk setiap produksi yang dilakukan.
Fokus penelitian adalah penerapan metode FULL COSTING untuk menentukan harga pokok produksi UMKM Tahu Walik Mbak Ifa dan Kendala penerapan metode Full Costing pada UMKM Tahu Walik Mbak Ifa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penentuan harga pokok produksi yang digunakan oleh UMKM Tahu Walik Mbak Ifa.
Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dimana peneliti yang bertujuan mendeskripsikan sesuatu melalui sebuah penelitian dengan objek penelitian di UMKM Tahu Walik Mbak Ifa di Dusun Gudang Karang Desa Rambipuji Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember.
Adapun hasil dari penelitian ini yaitu UMKM Tahu Walik Mbak Ifa sudah mengelolah harga pokok produksi namun masih tergolong sederhana dan belum sesuai dengan metode Full Costing kemudian faktor yang menjadi kendala kurangnya pengetahuan tentang harga pokok produksi, minimnya sumber daya manusia, tidak adanya penyuluhan dari dinas terkait mengenai pengelolahan harga pokok produksi, dan terbatasnya sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Muhammad Aldad Syahroni
Date Deposited: 24 Oct 2023 02:23
Last Modified: 24 Oct 2023 02:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28882

Actions (login required)

View Item View Item