Problematika pembelajaran maharah kalam di Pondok Pesantren Darut Tholibin Al-Qodiri II Gumukmas Jember tahun akademik 2018/2019.

KHOIROH, IMMATUL (2019) Problematika pembelajaran maharah kalam di Pondok Pesantren Darut Tholibin Al-Qodiri II Gumukmas Jember tahun akademik 2018/2019. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IMMATUL KHOIROH_ ٠٨٤٩٢١٦٠٠٧.pdf

Download (30MB)

Abstract

Berbicara merupakan kegiatan paling penting dalam kehidupan manusia. Ia memainkan peran penting dalam masyarakat yang dianggap sebagai salah satu dari empat keterampilan bahasa Arab yang paling penting, dan juga merupakan kriteria dasar bagi keberhasilan siswa dalam belajar bahasa Arab. Namun, terdapat beberapa problem yang dihadapi siswa dalam belajar bahasa arab, mulai dari problematika linguistik seperti pelafalan, kosa kata dan aturanaturanya, serta problematika non-linguistik, seperti Problematika yang berhubungan dengan sosial, psikologis dan sisi pendidikan. Problematika sosial terkait dengan manajemen lingkungan, problematika psikologis adalah Problematika yang dihadapi siswa dalam mempelajari maharah kalam dari sisi psikologi. Sedangkan problematika pendidikan adalah problematika yang berhubungan dengan seluruh kegiatan belajar mengajar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Apa problematika linguistik dalam pembelajaran maharah kalam di Pondok Pesantren Darut Tholibin Al-Qodiri II Gumukmas Jember tahun akademik 2018/2019? Apa problematika non linguistik dalam pembelajaran maharah kalam di Pondok Pesantren Darut Tholibin Al-Qodiri II Gumukmas Jember tahun akademik 2018/2019?. Dalam penelitian ini, peneliti memilih pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa yang mempelajari bahasa Arab di Pondok Pesantren Darut Tholibin Al-Qodiri II Gumukmas Jember tahun akademik 2018/2019. Metode pengumpulan data (1) Observasi (2) Interview (3) Dokumentasi. Dan hasil analisis yang diperoleh oleh peneliti, sebagai berikut: 1) bahwa Problematika pembelajaran maharah kalam dalam hal pengucapan, siswa sudah baik, hanya saja logat mereka masih seperti bahasa ibu yang biasa mereka gunakan. Sedangkan kosa kata untuk kelas atas, kelas unggulan, mayoritas siswa sudah banyak menghafal kosa kata, tetapi siswa di kelas nonunggulan mereka memiliki sedikit kosa kata. Sedangkan dalam hal tata bahasa, pemahaman siswa tentang aturan tata bahasa masih lemah. 2) bahwa Problematika pembelajaran maharah kalam dalam hal problematika sosial ialah dari sisi lingkungan yang tidak dikelola dengan baik, karena hukuman yang dijatuhkan kurang efektif. Problematika psikologis adalah mengenai kelemahan motivasi psikologis siswa yang belajar bahasa Arab, kurang percaya diri ketika berbicara bahasa Arab, malu ketika berbicara bahasa Arab. Problematika pendidikan yaitu media pembelajaran yang digunakan dalam kelas, bahkan media pembelajaran yang terbilang modern, seperti Proyektor masih sangat terbatas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 24 Oct 2023 03:40
Last Modified: 24 Oct 2023 03:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28889

Actions (login required)

View Item View Item