PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN PENUGASAN MEMBUAT MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH KELAS XI MIPA DI MAN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Purwitasari, Ratna Dwi (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN PENUGASAN MEMBUAT MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH KELAS XI MIPA DI MAN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ratna Dwi Purwitasari_T20198057.pdf

Download (10MB)

Abstract

Ratna Dwi Purwitasari, 2023: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Dengan Penugasan Membuat Mind Mapping Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA di MAN Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023

Kata kunci: Jigsaw, mind mapping, kreativitas, hasil belajar.

Guru mempunyai peran yang sangat penting dalam mengembangkan potensi siswa melalui proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru dominan menggunakan model pembelajaran konvensional. Pada saat pembelajaran siswa cenderung pasif yang mengakibatkan rendahnya kreativitas dan hasil belajar siswa. Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi kelas XI MIPA yang menyatakan bahwa siswa enggan untuk bertanya, siswa kesulitan dalam memahami materi sistem pertahanan tubuh karena termasuk materi yang sulit, dan siswa ketika dimintai pendapat akan meniru pendapat teman lainnya. Untuk menarik siswa agar aktif dalam pembelajaran diperlukan inovasi terhadap model pembelajaran yang salah satunya dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Jigsaw dengan penugasan membuat mind mapping.
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Jigsaw dengan penugasan membuat mind mapping terhadap kreativitas siswa pada materi sistem pertahanan tubuh kelas XI MIPA di MAN Lumajang tahun pelajaran 2022/2023 2) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Jigsaw dengan penugasan membuat mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pertahanan tubuh kelas XI MIPA di MAN Lumajang tahun pelajaran 2022/2023
Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan bentuk Nonequivalent Group Pretest Posttest Design. Populasi pada penelitian yaitu seluruh kelas XI MIPA di MAN Lumajang, dengan sampel kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yakni dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Mann-Whitney.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran jigsaw dengan penugasan membuat mind mapping terhadap kreativitas siswa pada materi sistem pertahanan tubuh kelas XI MIPA di MAN Lumajang tahun pelajaran 2022/2023 dengan hasil signifikansi uji Mann-Whitney sebesar 0,000 sehingga hipotesis Ha1 diterima 2) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran jigsaw dengan penugasan membuat mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pertahanan tubuh kelas XI MIPA di MAN Lumajang tahun pelajaran 2022/2023 dengan hasil signifikansi uji Mann-Whitney sebesar 0,000 sehingga hipotesis Ha2 diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069901 Forensic Biology
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ratna Dwi Purwitasari
Date Deposited: 24 Oct 2023 03:45
Last Modified: 24 Oct 2023 03:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28892

Actions (login required)

View Item View Item