Pengaruh Likuiditas Perputaran Kas Rasio Aktivitas Terhadap Profitabilitas Sentra Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Batu Bata Desa Karangasem Tahun 2018-2022

Imunah Nengseh, Nunun (2023) Pengaruh Likuiditas Perputaran Kas Rasio Aktivitas Terhadap Profitabilitas Sentra Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Batu Bata Desa Karangasem Tahun 2018-2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nunun Imunah Nengseh_E20192028 FIX.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci: Likuiditas, Perputaran Kas, Rasio Aktivitas, Profitabilitas, UMKM
Salah satu daerah yang mempunyai berbagai macam UMKM yaitu sentra pengerajin batu bata yaitu Kabupaten Mojokerto. Kabupaten Mojokerto khususnya pada Desa Karangasem Kecamatan Kutorejo mayoritas warganya pengerajin batu bata selaku pekerjaan utama warga setempat. Desa Karangasem masih banyak menyewa lahan milik orang lain dan hanya beberapa yang memiliki lahan sendiri. Hampir seluruh pengerajin batu bata harus membeli bahan baku tanah agar bisa memproduksi batu bata, dikarenakan mulai menipisnya sumber bahan baku tanah yang ada dilahan tempat mereka produksi. Untuk dapat memproduksi batu bata para pengerajin batu bata di Desa Karangasem pada umumnya menggunakan pinjaman dari bank yang tentunya memiliki bunga bank. Dalam menganalisa keuangan para pelaku usaha melalui rasio keuangan. Rasio keuangan tersebut terdiri dari rasio likuiditas, perputaran kas dan rasio aktivitas guna melihat profitabilitasnya.
Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah adanya pengaruh likuiditas, perputaran kas dan rasio aktivitas secara parsial secara simultan dan parsial terhadap profitabilitas sentra UMKM Batu Bata di Desa Karangasem Tahun 2018-2022 ?
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisa likuiditas, perputaran kas dan rasio aktivitas secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas sentra UMKM Batu Bata di Desa Karangasem Tahun 2018-2022.
Penelitian ini pendekatan kuantitatif dengan sumber data dari hasil wawancara. Populasi penelitian ini UMKM sektor batu bata Desa Karangasem. Sampel penelitian yaitu 50 pemilik usaha di kali 5 tahun laporan keuangan sehingga diperoleh 250 sampel. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS Versi 26.0
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) variabel likuiditas, perputaran kas dan rasio aktivitas secara simultan atau bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas sentra usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Batu Bata Desa Karangasem Tahun 2018-2022, 2) secara parsial variabel perputaran kas yang berpengaruh positif dan signifikan, 3) variabel likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas sentra usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Batu Bata Desa Karangasem Tahun 2018-2022, 4) variabel rasio aktivitas tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas sentra usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Batu Desa Karangasem Tahun 2018-2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Nunun Imunah Nengseh
Date Deposited: 24 Oct 2023 06:54
Last Modified: 24 Oct 2023 06:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28903

Actions (login required)

View Item View Item