Islam Tengger: Sejarah Perkembangan Islam di Desa Wonokerto Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo tahun 1983-2012

Billah, A. Mu'tashim (2023) Islam Tengger: Sejarah Perkembangan Islam di Desa Wonokerto Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo tahun 1983-2012. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ISLAM TENGGER SEJARAH PERKEMBANGAN ISLAM DI DESA WONOKERTO KECAMATAN SUKAPURA KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN 1983-2012.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
A. Mu’tashim Billah, 2023. Islam Tengger: Sejarah Perkembangan Islam Di Desa Wonokerto Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo Tahun (1983-2012 M).
Islam datang ke Jawa di saat budaya dan tradisi non-Islam terutama Hindu dan Budha telah mengakar dalam masyarakat, Dalam buku The religion of java (Cliffort Geerzt) mendiskripsikan secara mendalam fonemena agama Jawa dengan menggunkana tiga tipilogi yakni abangan, santri dan priyayi. Islam yang hadir di indonesia bukanlah membangun peradaban tetapi merebut peradaban. Akulutrasi budaya Jawa dan Islam di Jawa mengambil bentuk dialogis. Berbeda dengan akulturasi Islam dengan budaya Melayu yang mengambil bentuk integratif. Islam pada saat itu dihadapkan pada resistensi tradisi dan budaya lokal, sehingga ketegangan dan konfilk Islam versus kejawen menjadi ciri utama perkembangan Islam di Jawa terutama pada abad ke-19 atau masa kolonial. Di suku Tengger Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo sebelum munculnya gerakan reformasi Hindu ada tahun 1980-an, upaya masyarakat Tengger untuk mendefinisikan kembali warisan leluhurnya dalam kaitannya dengan masyarakat Jawa hanya bersandar pada sumber-sumber budaya setempat. Agama dari masayarakat Tengger sendiri adalah agama hindu, akan tetapi seiring berjalan nya zaman, Agama Islam sekarang sudah menjadi mayoritas di suku Tengger termasuk di Desa Wonokerto Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo. Adapun fokus penelitian yang dibahas dalam skripsi ini meliputi: 1) Bagaimana Sejarah dan perkembangan Islam di Tengger tahun 1983-2012 di Desa Wonokerto, Kec. Sukapura? 2) Hal-hal apa saja yang turut mendorong perkembangan Islam di Desa Wonokerto, Kec. Sukapura? 3) Bagaimana perubahan tradisi Suku Tengger setelah perkembangan di Desa Wonokerto, Kec. Sukapura? Tujuan dalam penilitian ini melputi: 1) Memahami Sejarah dan perkembangan Islam di Tengger tahun 1983-2012 di Desa Wonokerto, Kec. Sukapura. 2) Memahami faktor pendorong pekembangan Islam di Desa Wonokerto, Kec. Sukapura. 3) Memahami perubahan tradisi suku Tengger setelah perkembangan Islam di Desa Wonokerto, Kec. Sukapura. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penilitan Kualitatif yang bersifat deskriptif dan pendekatan sejarah. Tahapan heuristik dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, verifikasi (kritik terhadap data), interpretasi, dan historiografi. Adapun Teori yang digunakan oleh peneiliti ialah menggunakan Teori Kinship atau Sistem Kekerabatan (David Schneider), dimana genealogis atau hubungan, darah, garis keturunan, dan hubungan keluarga. Hal ini menjelaskan mengenai judul Skripsi tentang Islam Tengger: Sejarah Perkembangan Islam Di Desa Wonokerto Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo Tahun (1983-2012 M).
Hasil penelitian ini perkembangan Islam di Desa Wonokerto sejak adanya kebudayaan Islam atau tradisi yang bercorak keislaman yang mendorong berkembangnya agama Islam hampir menyerupai berkembangnya agama Islam di Nusantara. Penyebaran Islam juga dilakukan melalui bidang kesenian seperti terbang jidor.
Kata Kunci: Islam Tengger, Sejarah, Identitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220208 History and Philosophy of the Social Sciences
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Mr MUTASHIM BILLAH
Date Deposited: 26 Oct 2023 01:55
Last Modified: 26 Oct 2023 01:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28925

Actions (login required)

View Item View Item