Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Berbasis Moderasi Beragama Melalui Muatan Lokal Aswaja Di Sekolah Menengah Pertama 06 Diponegoro Wuluhan

Abidin, Fani (2023) Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Berbasis Moderasi Beragama Melalui Muatan Lokal Aswaja Di Sekolah Menengah Pertama 06 Diponegoro Wuluhan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FANI ABIDIN_T20191315.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fani Abidin, 2023: Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Berbasis Moderasi Beragama Melalui Muatan Lokal Aswaja Di Sekolah Menengah Pertama 06 Diponegoro Wuluhan
Kata kunci: Nilai-nilai Karakter, Moderasi Beragama, Muatan Lokal Aswaja
Konteks Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik kurang memiliki pengetahuan dalam ilmu agama yang baik sebelum adanya penerapan nilai-nilai karakter terhadap muatan lokal aswaja seperti kurangnya pengetahuan mengenai ilmu agama. Dalam hal ini, untuk mengantisipasi permasalahan tersebut dibutuhkan suatu metode pembelajaran. Guru harus bisa menentukan metode yang baik digunakan pada pelajaran Aswaja. Dengan adanya pembelajaran Aswaja diharapkan mampu memudahkan dalam membentuk nilai karakter peserta didik yang lebih baik .
Fokus penelitian yang diteliti yakni (1) Bagaimana Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Berbasis Moderasi Beragama Melalui Muatan Lokal Aswaja Di Sekolah Menengah Pertama 06 Diponegoro Wuluhan Jember? (2) Bagaimana Faktor Pendukung Dan Penghambat Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Berbasis Moderasi Beragama Melalui Muatan Lokal Aswaja Di Sekolah Menengah Pertama 06 Diponegoro Wuluhan Jember?
Tujuan yang diteliti yakni (1) Untuk Mendiskripsikan Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Berbasis Moderasi Beragama Melalui Muatan Lokal Aswaja Di Sekolah Menengah Pertama 06 Diponegoro Wuluhan Jember. (2) Untuk Mendiskripsikan Faktor Pendukung Dan Penghambat Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Berbasis Moderasi Beragama Melalui Muatan Lokal Aswaja Di Sekolah Menengah Pertama 06 Diponegoro Wuluhan Jember.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan analisis Miles, Huberman dan Saldana yakni Condensation (Kondensasi Data) , Data Display ( Penyajian Data) Dan Drawing And Verifying Conclusions (Kesimpulan).
Hasil penelitian menunjukkan (1) Adanya internalisasi nilai-nilai karakter berbasis moderasi melalui muatan lokal Aswaja yang mana disini tidak ada yang membedakan antara peserta didik Muhammadiyyah ataupun NU semua wajib mengikuti pembelajaran maupun kegiatan keaswajaan tanpa adanya perbedaaan. Selain itu juga menjadikan peserta didik antusias ketika mengikuti kegiatan apapun tanpa adanya perbedaan. (2) Faktor pendukung disekolah ini sudah terfasilitasi disetiap kegiatan keaswajaan baik dari sarana prasarana ataupun sikap antusias siswa. Selain itu, faktor penghambat ini salah satunya kurangnya minat siswa yang menyukai kegiatan keaswajaan dikarenakan ada beberapa siswa yang bernotaben Muhammadiyah mereka berfikir bahwa praktek atau hafalan yang diajarkan guru tidak penting. Dari sini lah menjadi penghambat kegiatan pembelajaran keaswajaan yang diajarkan guru Aswaja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fani Abidin
Date Deposited: 25 Oct 2023 02:29
Last Modified: 25 Oct 2023 02:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28929

Actions (login required)

View Item View Item