Manajemen Pembelajaran Tahfidz AL-Qur'an Dalam Meningkatkan Hafalan Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso

Miftahul Khoir, Miftahul (2023) Manajemen Pembelajaran Tahfidz AL-Qur'an Dalam Meningkatkan Hafalan Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Miftahul Khoir _ T20193113.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 October 2023.

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Manajemen, Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an, Hafalan Siswa
Program Tahfidz Al-Qur’an menjadi program pembelajaran yang banyak diminati bagi
lembaga pendidikan untuk mengembangkan mutu pendidikan dan meningkatkan potensi
ilmu agama. Dalam rangka meningkatkan pengelolaan pembelajaran Al-Qur’an, penting
adanya perencanaan demi lancarnya pelaksanaan yang efektif dan efisien. Adanya program
tahfidz al-qur’an ini menjadikan dukungan dari madrasah terhadap keinginan orang tua
siswa dalam mempelajari ilmu al-qur'an khususnya dalam menghafalkan al-qur'an. Maka
dengan ini, peran madrasah mengadakan program tahfidz al-qur’an sangat efektif untuk
meningkatkan kualitas hafalan, hukum tajwid, dan pemahaman dalam mencetak generasi
ahlul qur'an dengan menjaga kemurnian al-qur'an.
Fokus penelitian ini Meliputi: (1) Bagaimana perencanaan manajemen pembelajaran
tahfidz al-qur'an dalam meningkatkan hafalan siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2
Bondowoso. (2) Bagaimana pengorganisasian manajemen pembelajaran tahfidz al-qur'an
dalam meningkatkan hafalan siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso. (3)
Bagaimana pelaksanaan manajemen pembelajaran tahfidz al-qur'an dalam meningkatkan
hafalan siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso. (4) Bagaimana evaluasi
manajemen pembelajaran tahfidz al-qur'an dalam meningkatkan hafalan siswa Madrasah
Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan
penentuan subjek penelitian purposive. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data ini menggunakan deskriptif kualitatif
dengan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana meliputi: Pengumpulan data,
kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data yang
digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian yakni: (1) Perencanaan manajemen pembelajaran tahfidz al-qur'an dalam
meningkatkan hafalan siswa diterapkan dengan hasil kebijakan program, tujuan dari
program, SDM, dan kebutuhan sarana prasarana dalam mempersiapkan pelaksanaan
pembelajaran program tahfidz. (2) Pengorganisasian manajemen pembelajaran tahfidz al�qur'an dalam meningkatkan hafalan siswa diterapkan dengan pembagian tugas kerja guru,
dan pembagian kelompok belajar dalam mencapai keefektifan pembelajaran program
tahfidz. (3) Pelaksanaan manajemen pembelajaran tahfidz al-qur'an dalam meningkatkan
hafalan siswa diterapkan dengan penjadwalan pembelajaran sesuai ketentuan dalam
mengikuti program tahfidz, menjadi penentu sumber daya bagi siswa terhadap guru tahfidz
yang direkrut sesuai kemampuan yang baik dibidang tahfidz. (4) Evaluasi manajemen
pembelajaran tahfidz al-qur'an dalam meningkatkan hafalan siswa diterapkan dengan
penilaian dalam peningkatan hyang nanti dicantumkan dalam raport tahfudz dan
pengawasan dengan di awasi langsung kepala madrasah, waka kurikulum, dan guru tahfidz
untuk menjaga konsisten dalam peningkatan kualitas, serta keaktifan siswa dalam program
tahfidz.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Men Miftahul Khoir
Date Deposited: 25 Oct 2023 03:09
Last Modified: 25 Oct 2023 03:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28931

Actions (login required)

View Item View Item