Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Game Spinning Wheel terhadap Minat dan Keaktifan Belajar Siswa pada Materi Sistem Koordinasi Kelas XI IPA Di SMA Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Fiqriani, Neneng (2023) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Game Spinning Wheel terhadap Minat dan Keaktifan Belajar Siswa pada Materi Sistem Koordinasi Kelas XI IPA Di SMA Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NENENG FIQRIANI_T20198138.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK
Neneng Fiqriani, 2023 : Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Game Spinning Wheel terhadap Minat Keaktifan Belajar Siswa pada Materi Sistem Koordinasi Kelas XI IPA di SMA Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci : Game Spinning Wheel, minat belajar, keaktifan belajar.
Minat belajar memiliki pengaruh besar terhadap tujuan pembelajaran. Adanya minat belajar yang tinggi dapat memberikan dorongan untuk terus belajar memahami materi walaupun materi tersebut dianggap sangat sulit. Akan tetapi kenyataanya siswa memiliki minat belajar yang rendah . Hasil observasi di SMA Negeri Arjasa Jember menunjukkan bahwa guru hanya menggunakan media pembelajaran powerpoint (PPT) dan terkadang materi pembelajaran hanya di share melalui WhatsApp Grup kelas sehingga membuat siswa jenuh dan mengakibatkan rendahnya minat dan keaktifan belajar siswa.
Tujuan penelitian ini yaitu : 1) Mendeskripsikan minat belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah dibelajarkan menggunakan media pembelajaran Game Spinning Wheel pada materi sistem koordinasi kelas XI IPA di SMA Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Mendeskripsikan keaktifan belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah dibelajarkan menggunakan media pembelajaran Game Spinning Wheel pada materi sistem koordinasi kelas XI IPA di SMA Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. 3) Mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran Game Spinning Wheel terhadap minat belajar siswa pada materi sistem koordinasi kelas XI IPA di SMA Negeri Arjasa Tahun Pelajaran 2022/2023. 4) Mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran Game Spinning Wheel terhadap keaktifan belajar siswa pada materi sistem koordinasi belajar siswa kelas XI IPA di SMA Negeri Arjasa Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperiment dan desain penelitian ini adalah Posttest Only Control Group Design. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah total kedua sampel yaitu 68 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan pedoman observasi. Teknik analisis data menggunakan uji T jenis Independent Samples T- Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Berdasarkan data kuisioner minat belajar siswa kelas eksperimen memperoleh skor rata – rata 83,85% dan kelas kontrol memperoleh skor rata – rata 50,37%. Mengenai hal ini pengkategorisasian nilai persentase minat belajar tergolong sangat tinggi untuk kelas eksperimen dan sedang untuk kelas kontrol. 2) Berdasarkan data observasi keaktifan belajar siswa kelas eksperimen memperoleh rata – rata 53,59% dan kelas kontrol memperoleh rata – rata 47,84%. Mengenai hal ini rata – rata data keaktifan belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. 3) Terdapat perbedaan yang signifikan penggunaan media pembelajaran Game Spinning Wheel terhadap minat belajar siswa materi sistem koordinasi kelas XI IPA di SMA Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan hasil signifikasi uji T sebesar 0,000. 4) Terdapat perbedaan yang signifikan penggunaan media pembelajaran Game Spinning Wheel terhadap keaktifan belajar siswa materi sistem koordinasi kelas XI IPA di SMA Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan hasil uji T sebesar 0,002.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mrs Neneng Fiqriani
Date Deposited: 26 Oct 2023 01:48
Last Modified: 26 Oct 2023 01:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28933

Actions (login required)

View Item View Item