PERAN PENYULUH KELUARGA BERENCANA DALAM MENANGGULANGI PROBLEMATIKA STUNTING DI KAMPUNG KELUARGA BERENCANA DESA AJUNG KECAMATAN AJUNG KABUPATEN JEMBER

Rosyadi, Mohamad Yusron (2023) PERAN PENYULUH KELUARGA BERENCANA DALAM MENANGGULANGI PROBLEMATIKA STUNTING DI KAMPUNG KELUARGA BERENCANA DESA AJUNG KECAMATAN AJUNG KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI_YUSRON FIKS.pdf

Download (25MB)

Abstract

Kata Kunci: Peran, Penyuluh Keluarga Berencana, Problematika Stunting. Masalah kurang gizi (stunting) merupakan salah satu masalah gizi yang sedang dihadapi dunia, terutama di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Banyak faktor yang menyebabkan tingginya prevalensi stunting, rendahnya pendapatan ekonomi, pernikahan dini, kekurangan ASI eksklusif. Kecamatan Ajung termasuk kecamatan yang tergolong tinggi terkait dengan prevalensi stunting, yang dapat mengakibatkan pertumbuhan anak menjadi terhambat sehingga berpengaruh pada kesehatan anak. Adapun fokus yang peneliti ambil dalam penelitian ini adalah: 1) apa saja faktor penyebab problematika stunting di Kampung Keluarga Berencana Desa Ajung Kecamatan Ajung Kabupaten Jember? 2) Bagaimana peran penyuluh keluarga berencana dalam menanggulangi problematika stunting di Kampung Keluarga Berencana Desa Ajung Kecamatan Ajung Kabupaten Jember? Tujuan penelitian: 1) untuk mengetahui faktor penyebab problematika stunting di Kampung Keluarga Berencana Desa Ajung Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana peran penyuluh keluarga berencana dalam menanggulangi problematika stunting di Kampung Keluarga Berencana Desa Ajung Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini faktor penyebab stunting di Kampung Keluarga Berencana Desa Ajung Kecamatan Kabupaten Jember ada 5 sebab: diantaranya:1)pengasuhan tidak efektif, 2)pernikahan dini, 3)kekurangan pemberian ASI Eksklusif, 4)pendapatan ekonomi rendah, 5) tidak menyadari pentingnya gizi. Peran Penyuluh Keluarga Berencana dalam menanggulangi problematika stunting di Kampung Keluarga Berencana Desa Ajung Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Berdasarkan temuan penelitian peran penyuluh Keluarga Berencana dalam menanggulangi problematika stunting, yang peneliti temukan ada 2, sebagai pengelola dalam pelaksanaan kegiatan program keluarga berencana nasional dan penggerak partisipasi warga penduduk dalam program keluarga berencana nasional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 25 Oct 2023 03:14
Last Modified: 25 Oct 2023 03:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28946

Actions (login required)

View Item View Item