KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MEMBANGUN HUMAN RELATIONS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 SAMBIREJO BANGOREJO BANYUWANGI

Munawir, Ahmad (2019) KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MEMBANGUN HUMAN RELATIONS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 SAMBIREJO BANGOREJO BANYUWANGI. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AHMAD MUNAWIR_0849116 006.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : Keterampilan Manajerial, Kepala Madrasah, Human Relation Kepala madrasah merupakan pemimpin pendidikan tingkat satuan pendidikan yang harus memiliki dasar kepemimpinan yang kuat. Esensi kepemimpinan yaitu kepengikutan (followership), artinya kemauan orang lain atau bawahan untuk mengikuti keinginan pemimpin, itulah yang menyebabkan seseorang menjadi pemimpin. Setiap kepala madrasah dalam melaksanakan kegiatan manajerial dituntut harus memiliki keterampilan. Keterampilan manajerial adalah kemampuan seseorang dalam mengelola sumber daya organisasi berdasarkan kompetensi yang ditetapkan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan. Keterampilan manajerial ini diperlukan untuk melaksanakan tugas sebagai manajer dalam pendidikan secara efektif. Disamping itu sebagaimana telah dikemukakan diatas bahwasanya dalam kepemimpinan akan terdapat saling berhubungan antar manusia yang dikenal dengan istilah hubungan kemanusiaan (human relations). Fokus Penelitian ini membahas tentang 1)Bagaimana keterampilan konseptual (conseptual skill) kepala madrasah dalam membangun human relation dengan guru, staf, dan komite madrasah? 2) Bagaimana keterampilan hubugan manusiawi (human skill) kepala madrasah dalam membangun human relation dengan guru, staf, dan komite madrasah? 3) Bagaimana keterampilan teknik (technical skill) kepala madrasah dalam membangun human relation dengan guru, staf, dan komite madrasah? Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan keterampilan konseptual (conseptual skill) kepala madrasah dalam membangun human relation dengan guru, staf, komite madrasah. 2) Mendeskripsikan keterampilan hubungan manusiawi (human skill) kepala madrasah dalam membangun human relation dengan guru, staf, dan komite madrasah. 3) Mendeskripsikan keterampilan tekhnik (technical skill) kepala madrasah dalam membangun human relation dengan guru, staf, dan komite madrasah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. yang dilakukan di MTs Negeri 2 Sambirejo Bangorejo Banyuwangi Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, v wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles-Huberman yaitu : Pengumpulan data, Reduction data, display data dan conclution drawing/ verification. Uji keabsahan data menggunakan alat uji yakni credibility (Uji Kredibilitas) menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Adapun yang ditemukan dalam penelitian ini adalah keterampilan manajerial yang dilakukan oleh kepala madrasah di MTs Negeri 2 Sambirejo Kec. Bangorejo Kab Banyuwangi, adalah sebagai berikut: (1) Keterampilan konseptual kepala madrasah di MTs Negeri 2 Sambirejo Banyuwangi dilakukan melalui penyusunan perencanaan madrasah dilaksanakan pada awal tahun ajaran baru dengan melibatkan semua guru dan staf karyawan dan komite madrasah. Adapun dalam pengembangan guru dan staf dilakukan kepala madrasah dengan mendelegasikan bawahanya untuk mengikuti workshop, seminar dan pelatihan dan setelah pelatihan guru diperintahkan untuk mempresentasikannya. Kemudian juga mengadakan olimpiade dan membuka kelas mumtazah /excellent jurusan bahasa dan tahfidzul Qur’an. Adapun konsep dalam evaluasi dan pelaporan kepala madrasah menggunakan cara struktural/formal dan secara langsung /pribadi. (2) Keterampilan teknik kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Banyuwangi dilakukan dengan cara komunikasi dua arah yaitu menjalin hubungan komunikasi dengan personil madrasah dan masyarakat. Kepala madrasah berkoordinasi dengan guru, waka dan staf melalui rapat-rapat kecil sehingga hal itu mempengaruhi kinerja guru secara signifikan. (3) Keterampilan teknik kepala MTs Negeri 2 Sambirejo Banyuwangi dilakukan dengan membentuk beberapa guru yang berprestasi sebagai wakilnya. pemberian jabatan wakil kepala madrasah kepada guru yang berprestasi ini sebagai bentuk penghargaan (reward) dalam bentuk jabatan karena penghargaan itu tidak harus berupa materi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169903 Studies of Asian Society
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam Kons.Supervisi Pendidikan
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 25 Oct 2023 03:14
Last Modified: 25 Oct 2023 03:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28950

Actions (login required)

View Item View Item