PERANAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA DI DESA SIDOMULYO KECAMATAN SILO KABUPATEN JEMBER

Hariyanto, Ahmadtedy (2023) PERANAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA DI DESA SIDOMULYO KECAMATAN SILO KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmadtedy-D20192031.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hidup sejahtera merupakan impian semua orang, dimana semua kebutuhan manusia baik rohani, jasmani, dan sosial terpenuhi. Dewasa ini banyak sekali faktor yang membuat hidup manusia tidak sejahtera, terutama bagi mereka yang tinggal di desa, dan salah satunya faktor hidup tidak sejahtera adalah minimnya pendapatan. Maka dari itu, untuk mengatasi masalah tersebut pemerintah mengeluarkan peraturan untuk membentuk Badan Usaha Milik Desa atau disingkat BUMDes yang tugasnya mensejahterakan masyarakat berdasarkan pada potensi yang ada. Desa Sidomulyo merupakan salah satu desa yang memiliki BUMDes aktif dalam kegiatan mensejahterahkan masyarakatnya, yang berdasarkan pada potensi wilayahnya. Salah satu program BUMDes Sidomulyo adalah pada pengembangan desa wisata.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam pengembangan desa wisata di Desa Sidomulyo? 2) Apa faktor penghambat peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam pengembangan desa wisata di Desa Sidomulyo?
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengidentifikasi peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam pengembangan Desa Wisata di desa Sidomulyo, kecamatan Silo, Kabupaten Jember. 2) Untuk mengidentifikasi faktor penghambat peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam pengembangan Desa Wisata di desa Sidomulyo, kecamatan Silo, Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data induktif model Milles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data menggunakan dua teknik trianggulasi yaitu trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) BUMDes Sidomulyo dalam pengembangan desa wisata memiliki 4 peran, yaitu peran sebagai fasilitator, peran sebagai motivator, peran sebagai dinamisator, dan sinergitas peran BUMDes Sidomulyo dan KUD dalam mengelola hasil sewa tanah kas desa. 2) Adapun faktor penghambat peran BUMDes Sidomulyo dalam pengembangan desa wisata, yaitu faktor rendahnya kualitas sumber daya manusia.
Kata Kunci: Peran, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Desa Wisata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150603 Tourism Management
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160509 Public Administration
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ms perpustakaan uinkhasjember
Date Deposited: 28 Nov 2023 03:04
Last Modified: 28 Nov 2023 03:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28956

Actions (login required)

View Item View Item