Implementasi Pendekatan Savi ( Somatic, Auditori, Visual, Intelektual ) Dalam Mengembangkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Tsanawiyah Kaliwining Rambipuji Jember

Auliya, Muhammad Ikmal (2023) Implementasi Pendekatan Savi ( Somatic, Auditori, Visual, Intelektual ) Dalam Mengembangkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Tsanawiyah Kaliwining Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI IKMALUL FIX.pdf

Download (5MB)

Abstract

Muhammad Ikmalul Auliya, 2023 : Implementasi Pendekatan Savi ( Somatic, Auditori, Visual, Intelektual ) Dalam Mengembangkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Tsanawiyah Kaliwining Rambipuji Jember
Kata Kunci: Implementasi, Pendekatan SAVI, Prestasi Belajar, Mata Pelajaran SKI
Pembelajaran SAVI adalah pembelajaran yang menekankan bahwa belajar haruslah memanfaatkan semua alat indera yang dimiliki peserta didik. SAVI adalah kependekan dari;
somatic gerakan tubuh(hands on, aktivitas fisik cara belajar dengan mengalami dan melakukan,
auditory yang bermakna belajar haruslah dengan melalui mendengarkan, menyimak, berbicara,
presentasi, argumentasi, menaggapi. Visual yang bermakna belajar haruslah menggunakan indera
mata melalui mengamati, menggambarkan, mendemonstrasikan, membaca, menggunakan media
dan alat peraga.
Fokus dalam penelitian Implementasi Pendekatan Savi ( Somatic, Auditori, Visual,
Intelektual ) Dalam Mengembangkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam Di Madrasah Tsanawiyah Kaliwining Rambipuji Jember ini adalah 1)
Bagaimana implementasi pendekatan pembelajaran SAVI (Somatic, Auditori, Visual, Intelektual)
dalam mengembangkan prestasi belajar siswa di MTs Kaliwining Rambipuji Jember? 2)
Bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs
Kaliwining Rambipuji Jember?
Tujuan dalam penelitian Implementasi Pendekatan Savi ( Somatic, Auditori, Visual,
Intelektual ) Dalam Mengembangkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam Di Madrasah Tsanawiyah Kaliwining Rambipuji Jember 1) Untuk
mendeskripsikan implementasi pendekatan pembelajaran SAVI (Somatic, Auditori, Visual,
Intelektual) dalam mengembangkan prestasi belajar siswa di MTs Kaliwining Rambipuji Jember?
2) Untuk mendeskripsikan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
di MTs Kaliwining Rambipuji Jember?
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya
deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan
analisis data menggunakan pendekatan interaktif Miles, Huberman dan Saldana yaitu
pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik.
Hasil penelitian ini yaitu Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual dan Intelektual)
dalam proses pembelajaran mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTS Kaliwining telah
diterapkan dengan empat tahapan yakni tahap persiapan, tahap penyampaian, tahap pelatihan, dan
tahap penutup dengan menggunakan beberapa pendekatan pembelajaran. Prestasi belajar siswa
MTs Kaliwining pada Tahun 2023, menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa sebagian besar
masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sehingga dapat disebut bahwa prestasi
belajar siswa masih rendah. KKM ditentukan oleh satuan pendidikan sehingga mempunyai standar
yang berbeda-beda. Prestasi belajar di pengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut yaitu
faktor yang berasal dari diri sendiri (internal) dan faktor yang berasal dari luar diri (eksternal). Jadi
prestasi belajar dipengaruhi beberapa faktor yaitu faktor internal dan eksternal yang mana hal
tersebut mempengaruhi langsung terhadap prestasi belajar siswa, setelah di implementasikannya
pendekatan savi tersebut maka ditemukan hasil yang signifikan yaitu prestasi belajar siswa
mengalami perkembangan ditandai dengan meningkatnya prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Ikmalul Auliya
Date Deposited: 26 Oct 2023 04:07
Last Modified: 26 Oct 2023 04:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28957

Actions (login required)

View Item View Item