SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 JEMBER

Sholihah, Ms (2017) SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 JEMBER. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SHOLIHAH_ 084 911 4039.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Supervisi Akademik, Kinerja Guru Salah satu program yang dapat diselenggarakan dalam rangka pemberdayaan guru adalah supervisi akademik. Supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran demi pencapaian tujuan akademik. Supervisi akademik merujpakan upaya membantu guru-guru mengembangkan kemampuannya mencapai tujuan akademik. Dengan demikian, berarti, esensial supervisi akademik adalah membantu guru mengembangkan kemampuan profesionalismenya. Berdasarkan data empirik yang dipaparkan Koran harian jawa pos pada tanggal 2 Agustus 2008, menyatakan bahwa telah dilakukan riset (penelitian) tentang kompetensi kepala sekolah yang menunjukkan 70% dari 95.000 memiliki kelemahan dalam bidang supervisi dan manajerial. Fokus penelitian ini dikembangkan dalam tiga fokus sebagai berikut: (1) Bagaimana perencaaan supervisi akademik oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? (2) Bagaimana pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? (3) Bagaimana evaluasi dan tindak lanjut supervisi akademik oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan kualitatif yang bersifat study kasus yang dilakukan di MAN 3 Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan (1) Observasi, (2) Wawancara mendalam, (3) Dokumentasi. Dalam penelitian ini penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purpusive sampling. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan model intraktif Miles dan Huberman, yaitu; reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dalam uji keabsahaan data, peneliti mengguanakan triangulasi, yaitu tringulasi sumber, triangulasi metode, diskusi sejawat dan member chek. Dalam penelitian ini peneliti menemukan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MAN 3 Jember yaitu: (1) Perencanaan program supervisi akademik disusun pada awal tahun pelajaran sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai, dengan memasukkan program tersebut dalam program kerja atau RAPBS serta melibatkan semua komponen sekolah, dalam merencanakan tujuan, dasar, alat bantu, metode/cara yang digunakan dalam kegiatan supervisi akademik. (2) Pelaksanakan supervisi akademik kepala madrasah menggunakan beberapa teknik. Diantaranya, pertama teknik kunjungan kelas. kedua, teknik rapat rutin dan ketiga, Pertemuan secara langsung atau face to face (2)Evaluasi dan tindak lanjut ada 2 (dua) macam, yaitu: pertama, Kemampuan menyiapkan kegiatan pembelajaran untuk menilai administrasi pembelajaran, kedua, Kemampuan melaksanakan kegiatan pembelajaran untuk menilai kemampuan mengajar. Adapun Cara untuk mengetahui kinerja guru, di antaranya yaitu: Cek administrasi guru, Jurnal guru (catatan jurnal) dan Presensi guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 25 Oct 2023 09:34
Last Modified: 25 Oct 2023 09:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28967

Actions (login required)

View Item View Item