METODE PEMBELAJARAN DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI MADRASAH ALIYAH NAHDLATUL ULAMA KECAMATAN TANGGUL KEBUPATEN JEMBER

Fadil, Ahmad (2017) METODE PEMBELAJARAN DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI MADRASAH ALIYAH NAHDLATUL ULAMA KECAMATAN TANGGUL KEBUPATEN JEMBER. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Fadil_0849315028.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Pembentukan Akhlak. Degradasi moral yang terjadi di Indonesia semakin bisa dirasakan, khususnya realitas pada generasi muda. Mulai dari pergaulan bebas, tawuran, dan minum-minuman keras merupakan perihal yang tidak asing diberitakan di media masa. Oleh sebab itu, mencari solusi atas fenomena tersebut merupakan hal yang mutlak dibutuhkan. Di antara hal yang bisa dijadikan sebagai solusi ialah menanamkan pendidikan kepada peserta didik. Sehingga dengan mengamalkan materi pendidikan tersebut, niscaya mereka akan menjadi sosok yang baik dan bermanfaat. Untuk mengantarkan peserta didik bisa mengamalkan ilmnya dengan baik, maka materi pendidikan akhlak ialah materi yang paling penting dalam kehidupan mereka, sebab pendidikan akhlak merupakan materi terapan yang berhubungan erat dengan tatacara beretika dalam kehidupan sosial, ataupun beretika dalam kehidupan beragama. MANU(Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama) Tanggul merupakan sekolah aliah yang memiliki karakteristik tersendiri dibanding dengan sekolah-sekolah lainnya. Selain afiliasi sekolah tersebut kepada faham Nahdlatul Ulama, di dalamnya juga mengajarkan materi pendidikan yang kompleks, seperti ilmu-ilmu umum, dan juga ilmu-ilmu agama. Di antara materi agama yang di ajarkan pada MANU ialah pendidikan akhlak yang tujuannya untuk membentuk peserta didik menjadi generasi yang memiliki pola pikit, dan pola hidup yang baik. Sesuai dengan tema pada tesis ini, maka fokus penelitiannya ialah ; (1) Bagaimana metode pembiasaan dalam pembentukan akhlak siswa Di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Kecamatan Tanggul? (2) Bagaimana metode keteladanan dalam pembentukan akhlak siswa Di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Kecamatan Tanggul? (3) Bagaimana metode ceramah dalam pembentukan akhlak siswa Di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Kecamatan Tanggul ? Penelitian ini menggunakan kualitatif yang bersifat deskriptif yang dilakukan di MANU Tanggul. Teknik pengumpulan data yang digunakan (1) Observasi, (2) Wawancara mendalam, (3) Dokumentasi. Penelitian ini peneliti menemukan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan metode pembelajaran dalam pembentukan akhlak di MANU Tanggul yaitu: (1) Metode pembiasaan, yang terbagi menjadi tiga bagian. Pertama, pembiasaan berakhlak mulia, kedua. Pembiasaan hidup bersih, ketiga. Pembiasaan disiplin dalam proses belajar mengajar. (2) Metode keteladanan. Dalam hal ini pihak sekolah juga bekerja sama dengan pihak keluarga dan masyarakat. (3) Metode ceramah yang digunakan oleh dewan guru di MANU termasuk metode ceramah yang variatif, seperti diselingi kisah-kisah inspiratif, bahasa-bahasa yang lugas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 25 Oct 2023 09:24
Last Modified: 25 Oct 2023 09:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28971

Actions (login required)

View Item View Item