IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU DI SEKOLAH ISLAM TERPADU (STUDI KASUS SD ISLAM TERPADU HARAPAN UMAT JEMBER)

PRASETIYO, KUKUH AHMAD (2017) IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU DI SEKOLAH ISLAM TERPADU (STUDI KASUS SD ISLAM TERPADU HARAPAN UMAT JEMBER). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
KUKUH AHMAD PRASETIYO_084 911 3019.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kata kunci: Manajemen Mutu, Sekolah Islam Terpadu Sekolah Islam Terpadu khususnya yang berada di bawah naungan Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) dirasa hadir pada saat yang tepat dan menjawab kebutuhan masyarakat terhadap sekolah Islam yang bermutu. Karena disamping menyelenggarakan pendidikan dengan nuansa keislaman yang kental, Sekolah Islam Terpadu juga mendapatkan pengawasan dari Tim Mutu JSIT untuk menjaga pelaksanaan mutu. Oleh karena itu, implementasi manajemen mutu di Sekolah Islam Terpadu menjadi layak dan menarik untuk dipelajari lebih dalam. Tesis ini membahas fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana implementasi manajemen mutu pada kurikulum di SDIT Harapan Umat Jember 2) Bagaimana upaya membangun komitmen sekolah dalam implementasi manajemen mutu pada kurikulum di SDIT Harapan Umat Jember. Tujuan penelitian adalah untuk: 1) mengetahui implementasi manajemen mutu pada kurikulum di SDIT Harapan Umat Jember 2) mengetahui upaya membangun komitmen sekolah dalam implementasi manajemen mutu pada kurikulum di SDIT Harapan Umat Jember. Penelitian ini menggunakan teknik pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis melalui rancangan studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: 1) Wawancara, 2) Observasi, dan 3) Dokumentasi. Informasi data diambil melalui teknik purposive sampling. Adapun informan yang diambil dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan beberapa orang yang terlibat dalam implementasi mutu di sekolah. Sedangkan analisis data secara sistematis dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data yaitu mengunakan triangulasi sumber dan metode. Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan mengenai implementasi manajemen mutu di sekolah Islam Terpadu. Yang pertama, implementasi manajemen mutu pada kurikulum tercermin dalam tiga aktivitas utama yaitu perencanaan kurikulum, implementasi kurikulum dan evaluasi kurikulum. Perencanaan kurikulum dilaksanakan setiap tahun dan menghasilkan produk berupa dokumen KTSP dan program sekolah selama setahun. Implementasi kurikulum terwujud dalam daily activity, pembagian waktu belajar antara kelas bawah dan kelas atas, penggunaan RPP Terpadu serta program hafalan Al-Qur’an. Sedangkan evaluasi kurikulum dilaksanakan dalam tiga tahapan, dimulai dari evaluasi vi pekanan, evaluasi semester dan evaluasi tahunan. Yang kedua, upaya membangun komitmen sekolah dalam implementasi manajemen mutu dapat dilihat dari komitmen dalam memunculkan budaya disiplin dan tanggung jawab, pemberlakuan standarisasi, evaluasi kinerja yang diikuti dengan peningkatan kemampuan dan kompetensi secara kontinyu, dan membangun komunikasi yang baik dengan berbagai pihak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 25 Oct 2023 09:24
Last Modified: 25 Oct 2023 09:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28976

Actions (login required)

View Item View Item