IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI GERAHAN SILO JEMBER

ZUHRI, SYAIFUDIN (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI GERAHAN SILO JEMBER. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SYAIFUDIN ZUHRI_0849415004.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran, Tematik Terpadu. Kurikulum yang diterapkan oleh madrasah saat ini adalah kurikulum tahun 2013 dengan model pembelajaran tematik terpadu, dimana pembelajaran tematik merupakan model pembelajaran yang berdasarkan tema-tema dalam mengaitkan beberapa mata pelajaran tertentu, Alasan yang mendasari pemilihan Madrasah Ibtidaiyah Negeri Gerahan yaitu; (1) madrasah ibtidaiyah yang menerapkan kurikulum 2013 dengan pembelajaran tematik; (2) memiliki prestasi akademik dan non akademik; (3) peserta didik ditanamkan rasa nasionalisme sejak dini, dengan adanya tanda merah putih pada seragam peserta didik; dan (4) keterbukaan pihak madrasah, utamanya guru kelas. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Implementasi Model Pembelajaran Tematik Terpadu Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Gerahan, Silo, Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana Implementasi Model Pembelajaran Tematik Terpadu Dalam Evaluasi Pembelajaran Di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Gerahan, Silo, Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan Implementasi Model Pembelajaran Tematik Terpadu Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Gerahan, Silo, Jember Tahun Pelajaran 2016/2017; (2) Mendeskripsikan Implementasi Model Pembelajaran Tematik Terpadu Dalam Evaluasi Pembelajaran Di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Gerahan, Silo, Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif fenomenologi. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan informan kepala madrasah, WAKA Kurikulum, guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Untuk uji keabsahaan data menggunakan triangulasi sumber, dan metode sebagai dikembangkan oleh John, W. Creswell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran tematik terpadu di MIN Gerahan sebagai berikut: (1) Proses pembelajaran menggunakan pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik yang terdiri dari beberapa komponen pertama, kedekatan, kedua, kesederhanaan, ketiga, kemenarikan, dan keempat, keinsidenan; (2) evaluasi pembelajaran menggunakan penilaian autentik diantaranya, pertama penilaian proyek, kedua, penilaian kinerja, ketiga, portofolio, keempat penilaian jurnal, dan kelima penilaian tertulis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Program Magister > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 25 Oct 2023 09:24
Last Modified: 25 Oct 2023 09:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28978

Actions (login required)

View Item View Item