STRATEGI PENGAWAS MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KEPALA MADRASAH DI KELOMPOK KERJA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 JEMBER KABUPATEN JEMBER

MULYADI, EKO (2017) STRATEGI PENGAWAS MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KEPALA MADRASAH DI KELOMPOK KERJA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 JEMBER KABUPATEN JEMBER. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
EKO MULYADI_0849113071.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam bidang akademik, anggota KKM MTs Negeri 2 Jember telah banyak berjasa dalam mengantarkan peserta didik pada masing-masing madrasah dalam meraih prestasi. Salah satu prestasi yang paling menonjol adalah dari seluruh anggota madrasah diraihnya kelulusan 100 % dalam Ujian Negara tingkat madrasah tsanawiyah pada tahun pelajaran 2014/2015. Demikian juga dengan tingkat kualifikasi pendidikan, ada sekitar 198 yang sudah terjaring dalam program sertifikasi, serta jumlah anggota KKM yang tergolong besar bila dibandingkan dengan KKM yang lainnya dan tentunya memiliki karakter yang beragam. Berdasarkan konteks penelitian atau latar belakang pemikiran sebagaimana telah dikemukakan, maka fokus yang hendak dijawab dalam penelitian ini adalah; Bagaimana strategi Pengawas Madrasah dalam meningkatkan Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah di KKM MTs Negeri 2 Jember? Bagaimana strategi Pengawas Madrasah dalam meningkatkan Kompetensi Supervisi Akademik Kepala Madrasah di KKM MTs Negeri 2 Jember? Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan impelementasi strategi Pengawas Madrasah dalam meningkatkan kompetensi Kepala Madrasah melalui Kelompok Kerja Madrasah (KKM) di KKM MTs Negeri 2 Jember Kabupaten Jember. Adapun secara khususnya, pengangkatan judul di atas bertujuan untuk; Mendeskripsikan strategi Pengawas Madrasah dalam meningkatkan Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah di KKM MTs Negeri 2 Jember. dan untuk mendeskripsikan strategi Pengawas Madrasah dalam meningkatkan Kompetensi Supervisi Akademik Kepala Madrasah di KKM MTs Negeri 2 Jember. Jenis penelitian yang akan dilakukan berjenis deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan karakteristik dari fenomena. Salahsatu ciri utama penelitian deskripstif adalah paparannya yang bersifat naratif atau banyak uraian kata-kata. Dalam penelitian ini peneliti melakukan penelitian yang meliputi; (a) Strategi pengawas madrasah dalam meningkat kompetensi manajerial kepala madrasah, (b) Strategi pengawas madrasah dalam meningkat kompetensi supervisi akademik kepala madrasah. Adapun kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut, Strategi yang dilakukan pengawas madrasah dalam meningkatkan kualitas manajerial dan kualitas supervisi akademik madrasah dilakukan dengan pembinaan yang terjadwal dan terencana, mengadakan pendampingan dan pelatihan dan berbagai ii kegiatan manajerial yang aplikatif konstruktif yaitu meliputi kegiatan; pertama, Monitoring dan Evaluasi., kedua, focused group discussion (FGD), dan Strategi Pengawas Madrasah dalam meningkatkan kompetensi supervisi akademik Kepala Madrasah di KKM MTs Negeri 2 Jember, dengan menggunakan pertama workshop, kedua; kunjungan kelas dan ketiga; pertemuan individual.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam Kons.Supervisi Pendidikan
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:02
Last Modified: 26 Oct 2023 02:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28982

Actions (login required)

View Item View Item