STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA INSANI DALAM PENINGKATAN EXCELLENT SERVICE DI BANK SYARIAH MANDIRI CABANG LUMAJANG

ROHMI, PUTRI KAMILATUL (2017) STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA INSANI DALAM PENINGKATAN EXCELLENT SERVICE DI BANK SYARIAH MANDIRI CABANG LUMAJANG. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
PUTRI KAMILATUL ROHMI_0839215001.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata kunci : Strategi, Pengembangan Sumber Daya Insani, Excellent service Dalam pengembangan perbankan syariah, sumber daya insani merupakan pilar utama. Penyediaan sumber daya insani yang kompeten dengan jumlah yang cukup menjadi tuntutan mutlak bagi bank syariah. Untuk mendukung pengembangan SDI di perbankan, pada tahun 2012 Bank Indonesia menetapkan peraturan mengenai kewajiban penyediaan dana pendidikan untuk pengembangan sumber daya manusia sebanyak 5% yang dituangkan pada 31/310/KEP/DIR 1999. Realita yang ada menunjukkan bahwa masih banyak sumber daya insani yang selama ini bekerja di perbankan syariah tidak memiliki pengalaman akademis dalam Islamic Banking. Karena itu, manajemen bank syariah harus memprioritaskan penciptaan sumber daya insani yang berkompeten dan berkualitas. Untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan strategi pengembangan sumber daya insani sehingga dapat memberikan pelayanan yang maksimal terhadap nasabah yang dikenal dengan istilah excellent service. Adapun fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana strategi pengembangan Sumber Daya Insani (SDI) di Bank Syariah Mandiri Cabang Lumajang? 2)Bagaimana konsep excellent service di Bank Syariah Mandiri Cabang Lumajang? 3) Bagaimana implementasi strategi pengembangan sumber daya insani dalam peningkatan excellent service di Bank Syariah Mandiri Cabang Lumajang? Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis strategi pengembangan Sumber Daya Insani (SDI) di Bank Syariah Mandiri Cabang Lumajang 2) untuk menganalisis konsep excellent service di Bank Syariah Mandiri Cabang Lumajang 3) Untuk menganalisis implementasi strategi pengembangan Sumber Daya Insani (SDI) dalam peningkatan excellent service di Bank Syariah Mandiri Cabang Lumajang Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menganalisis tentang strategi pengembangan sumber daya insani dalam peningkatan excellent service yang ada di Bank Syariah Mandiri Cabang Lumajang. Sedangkan jenis penelitian ini adalah jenis penelitian field research (penelitian lapangan) yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, karena data-data tentang penelitian ini dianalisa dan hasilnya dideskripsikan vi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya: 1.Bank Syariah Mandiri Cabang Lumajang telah menerapkan berbagai strategi pengembangan Sumber Daya Insani (SDI), meliputi: 1. Pelatihan dan pengembangan pegawai dengan berbagai program: a. Program pelatihan berbasis kompetensi, yaitu: 1) Core Training, 2) Functional Training 3) Behavior Training 4) Managerial Training, b. E-Learning, c. learning centre, untuk meningkatkan jiwa syariah terdapat program peningkatan integritas pegawai, yaitu: a. Forum Doa Pagi (FDP), b. pengajian rabu sore, c. dzikir jumat pagi, 2. Penerapan konsep Excellent Service melalui: a. membuat pedoman pelayanan yang dikenal dengan Standart Level Agreement (SLA) b. menetapkan peraturan mengenai kompetensi pegawai c. program peningkatan kualitas layanan, meliputi: 1) Reading & discussion product knowledge 2) Roleplay 3) E-learning 4) Training tahunan 5) kartu saran 6) karyawan teladan, 3. Implementasi strategi pengembangan sumber daya insani dalam peningkatan excellent service di Bank Syariah Mandiri Cabang Lumajang sangat berpengaruh terhadap: a. resiko, b. kecepatan layanan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140206 Experimental Economics
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:02
Last Modified: 26 Oct 2023 02:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28983

Actions (login required)

View Item View Item