MAMLUATUL HASANAH, 084 113 032 (2016) MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DI MTs DARUL HIKMAH TAMANSARI MUMBULSARI JEMBER. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.
|
Text
COVER.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (660kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (722kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (863kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (527kB) | Preview |
|
|
Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN_opt.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
MAMLUATUL HASANAH, 2016: MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DI MTs DARUL HIKMAH TAMANSARI MUMBULSARI JEMBER
Kegiatan ekstrakurikuler pramuka, kesenian, olahraga dan keagamaan di MTs Darul Hikmah berjalan dengan aktif dan dikelola oleh pembina yang profesional di bidangnya,
terbukti dengan banyak meraih prestasi di bidang non akademik (ekstrakurikuler) beberapa di antaranya adalah pernah meraih juara 2 kategori MTQ Putri Porseni Se Kabupaten Jember dan juara umum Pekan Madaris (PRAMUKA) PPAI Kecamatan Mumbulsari. Dengan demikian diperlukan sebuah manajemen, supaya kegiatan ekstrakurikuler berjalan secara optimal.
Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan keterampilan siswa di MTs Darul Hikmah Tamansari Mumbulsari Jember? 2)
Bagaimana pengorganisasian kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan keterampilan siswa di MTs Darul Hikmah Tamansari Mumbulsari Jember? 3) Bagaimana pelaksanaan
kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan keterampilan siswa di MTs Darul Hikmah Tamansari Mumbulsari Jember? 4) Bagaimana pengawasan kegiatan ekstrakurikuler dalam
meningkatkan keterampilan siswa di MTs Darul Hikmah Tamansari Mumbulsari Jember?
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan yaitu 1) Mendeskripsikan perencanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan keterampilan siswa di MTs Darul Hikmah
Tamansari Mumbulsari Jember. 2) Mendeskripsikan pengorganisasian kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan keterampilan siswa di MTs Darul Hikmah Tamansari Mumbulsari Jember. 3) Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan keterampilan siswa di MTs Darul Hikmah Tamansari Mumbulsari Jember. 4) Mendeskripsikan pengawasan kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan keterampilan siswa di MTs Darul Hikmah Tamansari Mumbulsari Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan documenter. Penentuan informannya yaitu menngunakan teknik purposive sampling, metode analisis data menggunakan deskriptif kualitatif serta keabsahan datanya peneliti menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) perencanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan keterampilan siswa di MTs Darul Hikmah Tamansari Mumbulsari, penyusunan program dan RAB yang dilakukan oleh pihak sekolah untuk satu tahun ajaran, kegiatan ekstrakurikuler yang ada adalah Baca Tulis Al-Quran (BTQ), Pramuka, Sepak bola dan Drum band. 2) pengorganisasian kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan keterampilan siswa di MTs Darul Hikmah Tamansari Mumbulsari, adanya struktur organisasi pada setiap kegiatan ekstrakurikuler dan pembagian tugasnya serta mekanisme kerja harus melalui musyawarah, membuat proposal serta melaksanakan program tersebut.
3) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan keterampilan siswa di MTs Darul Hikmah Tamansari Mumbulsari, kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan setelah jam pelajaran berakhir, pemberian sangsi yang tidak mengikuti latihan sebagai usaha pendisiplinan dan motivasi kepada yang lain, pemberian insentif pada pembina ekstrakurikuler, dan pemberian reward atau punishment pada anggota. 4) Pengawasan kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan keterampilan siswa di MTs Darul Hikmah Tamansari Mumbulsari, pengawasan setiap latihan berlangsung, baik dari kepala sekolah atau pembinanya, kedua Evaluasi oleh kepala sekolah untuk mengetahui tindakan yang dilakukan selanjutnya
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined]) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MANAJEMEN KEGIATAN |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Masrur Rizqon |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 03:11 |
Last Modified: | 11 Sep 2017 03:12 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29 |
Actions (login required)
View Item |