Analisis Motivasi Belajar Intrinsik Siswa Kelas XI IPA 5 Dalam Pembelajaran Biologi Di SMA Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Rohmah, Aulia Maidatur (2023) Analisis Motivasi Belajar Intrinsik Siswa Kelas XI IPA 5 Dalam Pembelajaran Biologi Di SMA Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AULIA MAIDATUR ROHMAH_T20198143.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Aulia Maidatur Rohmah, 2023: Analisis Motivasi Belajar Intrinsik Siswa Kelas XI IPA 5 Dalam Pembelajaran Biologi Di SMA Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kata Kunci: Motivasi Belajar Intrinsik, Siswa Kelas IX IPA 5, Biologi

Motivasi belajar intrinsik merupakan suatu dorongan yang berasal dari dalam diri siswa untuk melakukan suatu kegiatan, terutama dalam kegiatan belajar biologi. Tujuan dari adanya motivasi belajar intrinsik ialah untuk mendapatkan dampak positif internal tertentu, yaitu perasaan kompeten atau memiliki kemampuan. Semakin besar motivasi belajar intrinsik siswa maka akan semakin besar pula usaha untuk bersungguh-sungguh dalam belajar, tidak pantang menyerah, giat belajar untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana motivasi belajar intrinsik siswa yang berprestasi tinggi di kelas XI IPA 5 dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimana motivasi belajar intrinsik siswa yang berprestasi sedang di kelas XI IPA 5 dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2022/2023? Bagaimana motivasi belajar intrinsik siswa yang berprestasi rendah di kelas XI IPA 5 dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2022/2023?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan motivasi belajar intrinsik siswa yang berprestasi tinggi di kelas XI IPA 5 dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Untuk mendeskripsikan motivasi belajar intrinsik siswa yang berprestasi sedang di kelas XI IPA 5 dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. 3) Untuk mendeskripsikan motivasi belajar intrinsik siswa yang berprestasi rendah di kelas XI IPA 5 dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX IPA 5 SMA Negeri Arjasa Jember dan guru biologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa teknik analisis data model Miles, Huberman dan Saldana Tahun 2014 yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi waktu dan triangulasi sumber.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa: 1) Motivasi belajar intrinsik siswa yang berprestasi tinggi sudah memenuhi ketiga indikator motivasi belajar intrinsik yaitu adanya hasrat dan keinginan berhasil, diwujudkan dengan siswa mempelajari terlebih dahulu materi biologi sebelum besok pelajaran biologi, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, diwujudkan dengan siswa tekun dalam belajar, mengerjakan tugas biologi dengan bersungguh-sungguh dan selalu mengumpulkan tugas tepat waktu serta adanya harapan dan cita-cita masa depan, diwujudkan dengan siswa memiliki cita-cita menjadi dokter. 2) Motivasi belajar intrinsik siswa yang berprestasi sedang hanya memenuhi dua indikator motivasi belajar intrinsik yaitu adanya hasrat dan keinginan berhasil, diwujudkan dengan siswa berusaha belajar materi biologi dengan tekun dan adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, diwujudkan siswa mengerjakan tugas dan mengumpulkannya tepat waktu. 3) Motivasi belajar intrinsik siswa yang berprestasi rendah tidak terdapat indikator motivasi belajar intrinsik dalam diri siswa. Seperti jika besok hari terdapat pelajaran biologi maka pada malam harinya siswa hanya bermain hp dan tidak belajar, tidak mengumpulkan tugas serta tidak memiliki kemauan yang tinggi untuk belajar biologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mrs Aulia Maidatur Rohmah
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:04
Last Modified: 26 Oct 2023 07:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29002

Actions (login required)

View Item View Item