Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum Merdeka di SMKN 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Nurhidayanti, Risma (2023) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum Merdeka di SMKN 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RISMA NURHIDAYANTI_T20191163.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum terbaru yang digagas oleh Mentri Nadiem Makarim pada tahun pelajaran 2021/2022. Program Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Mendikbud Ristek Nadiem Makarim mencoba memahami dan mengubah cara pandang pendidikan di Indonesia. Pada Kurikulum Merdeka, mengedepankan konsep “Merdeka Belajar” bagi siswa yang dirancang untuk membantu pemulihan krisis pembelajaran yang terjadi akibat adanya pandemic Covid-19. Penggunaan teknologi dan kebutuhan kompetensi pada era saat ini, menjadi salah satu alasan dikembangkannya Kurikulum Merdeka.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Kurikulum Merdeka di SMKN 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Kurikulum Merdeka di SMKN 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Kurikulum Merdeka di SMKN 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Kurikulum Merdeka di SMKN 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Kurikulum Merdeka di SMKN 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Kurikulum Merdeka di SMKN 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data pada tahap pengumpulan data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) Pada perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Kurikulum Merdeka pihak guru mata pelajaran menyusun alur tujuan pembelajaran (ATP), merancang dan mengembangkan modul ajar. 2) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Kurikulum Merdeka di sekolah ini dilaksanakan dengan lebih relevan dan interaktif melalui kegiatan project based learning, dimana peserta didik memiliki kesempatan lebih luas untuk secara aktif mengeksplorasi materi yang diajarkan. 3) Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Kurikulum Merdeka ini guru dibebaskan untuk memilih metode penilaian sesuai kebutuhan siswa, namun lebih berfokus pada penilaian karakter dan keaktifannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Risma Nurhidayanti
Date Deposited: 27 Oct 2023 06:50
Last Modified: 27 Oct 2023 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29027

Actions (login required)

View Item View Item