Kesulitan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Himpunan Ditinjau dari Literasi Matematika di SMPN 1 Panti Jember

Fadila, Nur (2023) Kesulitan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Himpunan Ditinjau dari Literasi Matematika di SMPN 1 Panti Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NUR FADILA_T20197102.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kesulitan belajar matematika pada umumnya berhubungan dengan ketidakmampuan peserta didik dalam berimajinasi, membaca, mengintegrasikan pengetahuan yang sudah diketahui sebelumnya dan pengalaman, terutama dalam memahami soal-soal matematika. Hal ini erat kaitannya dengan kemampuan peserta didik terhadap literasi matematika yang dimiliki yaitu penyelesaian masalah dengan mengkomunikasikannya dalam bahasa matematika. Literasi matematika sangat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Peserta didik yang memiliki literasi matematika tinggi lebih unggul daripada peserta didik yang memiliki literasi matematika sedang dan Peserta didik yang memiliki literasi matematika sedang lebih unggul daripada peserta didik yang memiliki literasi matematika rendah.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu bagaimana kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal himpunan ditinjau dari literasi matematika tinggi, literasi matematika sedang dan literasi matematika rendah kelas VII SMPN 1 Panti Jember tahun ajaran 2022/2023.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 peserta didik yang dipilih melalui tes literasi matematika. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes literasi matematika, tes kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal himpunan, wawancara dan dokumentasi. Dari tes literasi matematika dipilih 2 peserta didik dengan literasi matematika tinggi, 2 peserta didik dengan literasi matematika sedang dan 2 peserta didik dengan literasi matematika rendah. Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan tahapan Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Penelitian ini menerapkan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, peserta didik dengan literasi matematika tinggi dan sedang sudah mampu menyelesaikan soal himpunan. Namun, masih terdapat peserta didik dengan literasi matematika tinggi yang mengalami kesulitan menggunakan konsep dan kesulitan masalah verbal. Peserta didik literasi matematika sedang mengalami kesulitan menggunakan konsep dan kesulitan masalah verbal Peserta didik dengan literasi matematika rendah kesulitan menyelesaikan soal, mereka mengalami kesulitan menggunakan konsep, kesulitan menggunakan prinsip maupun kesulitan dalam masalah verbal.
Kata kunci: Kesulitan, himpunan, literasi matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010107 Mathematical Logic, Set Theory, Lattices and Universal Algebra
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0105 Mathematical Physics > 010503 Mathematical Aspects of Classical Mechanics, Quantum Mechanics and Quantum Information Theory
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0105 Mathematical Physics > 010504 Mathematical Aspects of General Relativity
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Nur Fadila
Date Deposited: 30 Oct 2023 01:44
Last Modified: 30 Oct 2023 01:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29030

Actions (login required)

View Item View Item