Mengembangkan Kecerdasan Logika Matematika Anak melalui Kegiatan Kantin Kids Kelompok A Kelas Leci RA Ulul Albab Mangli Jember

Isnaini, Khoirina (2023) Mengembangkan Kecerdasan Logika Matematika Anak melalui Kegiatan Kantin Kids Kelompok A Kelas Leci RA Ulul Albab Mangli Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
KHOIRINA ISNAINI_T20195074.pdf

Download (4MB)

Abstract

Khoirina Isnaini, 2023: Mengembangkan Kecerdasan Logika Matematika Anak melalui Kegiatan Kantin Kids Kelompok A Kelas Leci RA Ulul Albab Mangli Jember.
Kata Kunci: Kecerdasan Logika Matematika, Kegiatan Kantin Kids.
Kecerdasan logika matematika adalah kemampuan yang berkenaan dengan penggunaan angka dan logika. Keberhasilan dalam mengembangkan kecerdasan ini memberikan dampak yang sangat hebat, karena hampir semua aktivitas kehidupan dan berkarir tidak akan terlepas dari kecerdasan logika matematika. Salah satu kegiatan yang bermakna, inovatif dan menarik bagi anak dalam mengembangkan kecerdasan logika matematika adalah kegiatan kantin kids.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana mengembangkan kecerdasan logika matematika anak melalui kegiatan kantin kids kelompok A kelas leci RA Ulul Albab Mangli Jember? 2) Bagaimana kecerdasan logika matematika anak kelompok A kelas leci RA Ulul Albab Mangli Jember? 3) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengembangkan kecerdasan logika matematika anak kelompok A kelas leci RA Ulul Albab Mangli Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan cara mengembangkan kecerdasan logika matematika anak kelompok A kelas leci RA Ulul Albab Mangli Jember 2) Untuk mendeskripsikan kecerdasan logika matematika anak kelompok A kelas leci RA Ulul Albab Mangli Jember 3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengembangkan kecerdasan logika matematika anak kelompok A kelas leci RA Ulul Albab Mangli Jember.
Penelitian kualitatif ini menggunakan jenis penelitian studi kasus yang berlokasi di RA Ulul Albab Mangli Jember. Penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipasi pasif, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif teori Miles, Huberman dan Saldana meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: 1) Mengembangkan kecerdasan logika matematika anak melalui kegiatan kantin kids kelompok A kelas leci RA Ulul Albab dimulai dari perencanaan yang merumuskan SOP kegiatan, pelaksanaan kegiatan di mana anak mendapat pembelajaran berbasis pengalaman berwirausaha dan evaluasi kegiatan yang menyatakan keberhasilan kegiatan kantin kids namun belum maksimal, hal ini ditunjukkan dengan hanya beberapa anak yang mampu mengenal dan mengoperasikan uang secara baik; mengelompokkan menu dan memecahkan masalah agar menu terjual habis. 2) Kecerdasan logika matematika anak kelompok A kelas leci RA Ulul Albab berdasarkan pengukuran menunjukkan persentase kategori kecerdasan logika matematika rendah 23%, sedang 61,53% dan tinggi 15,38%. 3) Faktor pendukung dalam mengembangkan kecerdasan logika matematika anak kelompok A kelas leci RA Ulul Albab Mangli Jember adalah adanya desain pembelajaran multiple intelligences dan kreativitas guru. Sedangkan faktor penghambatnya adalah ketidakterlibatan orang tua dalam proses belajar anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Khoirina Isnaini
Date Deposited: 30 Oct 2023 02:48
Last Modified: 30 Oct 2023 02:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29044

Actions (login required)

View Item View Item