Pengaruh Good Corporate Gavernance terhadap Nilai Saham Bank Syariah di Bursa Efek Indonesia Pada Masa Pandemi Covid 19

Utami, Ayu Deby (2023) Pengaruh Good Corporate Gavernance terhadap Nilai Saham Bank Syariah di Bursa Efek Indonesia Pada Masa Pandemi Covid 19. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq.

[img] Text
Ayu Deby Utami _E20191016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci: Good Corporate Governance, Nilai Saham, Bank Syariah
Good Corporate Governance dalam arti khusus yaitu tata kelola pengelolaan keuangan yang baik. Secara umum, istilah tata kelola lebih mengacu pada sistem pengendalian dan pengaturan perusahaan, dalam artian lebih merujuk pada tindakan yang dilakukan oleh para eksekutif perusahaan agar tidak merugikan berbagai pemangku kepentingan (stakeholders), terutama dalam arti sempit, itu adalah hubungan antara pemegang saham, dewan pengawas dan direksi dalam rangka merumuskan tujuan perusahaanBank Syariah adalah bank yang menjalankan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah, atau prinsip hukum islam yang diatur dalam fatwa Majelis Ulama Indonesia.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Adakah Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Saham Bank Syariah di Bursa Efek Indonesia Pada Masa Sebelum Pandemic Covid 19? 2) Adakah Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Saham Bank Syariah di Bursa Efek Indonesia Pada Masa Sesudah Pandemic Covid 19?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk Mengetahui Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Saham Bank Syariah di Bursa Efek Indonesia Pada Masa Sebelum Pandemic Covid 19. 2) Untuk Mengetahui Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Saham Bank Syariah di Bursa Efek Indonesia Pada Masa Sebelum Pandemic Covid 19.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif- komparatif. Data sekunder berupa data harga saham saat penutupan perdagangan (closing price) dalam runtut waktu (time series) harian selama satu tahun sebelum dan sesudah wabah Covid- 19. Cut off date data adalah tanggal 2 Maret 2019 dengan alasan bahwa kasus Covid-19 pertama masuk ke Indonesia adalah pada tanggal 2 Maret 2019. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Pengaruh GCG secara signifikan terhadap nilai saham bank syariah di bursa efek indonesia pada masa sebelum pandemic covid 19 diantaranya: Pergerakan harga saham Bank Syariah sebelum masuknya Virus Corona ke Indonesia cenderung lebih rendah. Harga Saham PNBS Adalah Harga Saham 59,52 Saham. Rata-Rata Harga Saham BTPS Adalah 3.245,16 Lembar, BRIS Rata-Rata 436,19. 2) Pengaruh GCG secara signifikan terhadap nilai saham bank syariah di bursa efek indonesia pada masa sesudah pandemic covid 19 cenderung stabil dan mampu tumbuh positif di masa pandemi. Rata-Rata Harga Saham PNBS Setelah Wabah Covid-19 Masuk Ke Indonesia Adalah 54,68. Setelah Wabah Covid-19 Masuk Ke Indonesia, Rata- Rata Harga Saham BTPS Adalah 3.330,15 Lembar. Sementara Pt Bank Bri Syariah Tbk Rata-Rata 436,19. BRIS Di 1.097,87 Setelah Wabah Covid-19 Masuk Ke Indonesia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140305 Time-Series Analysis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Ayu Deby Utami
Date Deposited: 31 Oct 2023 03:07
Last Modified: 31 Oct 2023 03:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29049

Actions (login required)

View Item View Item