Pengaruh Penggunaan Media 3DR terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Saraf Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kencong Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Octiyani, Munadiyas Silmi (2023) Pengaruh Penggunaan Media 3DR terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Saraf Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kencong Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUNADIYAS SILMI OCTIYANI_T20198129.pdf

Download (9MB)

Abstract

Munadiyas Silmi Octiyani, 2023. Pengaruh Penggunaan Media 3DR terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Saraf Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kencong Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Penggunaan Media 3DR, Hasil Belajar, Kognitif, Afektif, Psikomotorik
Konsep dalam pembelajaran biologi banyak yang bersifat abstrak konseptual, sehingga diperlukan adanya media untuk dapat memvisualisasikan konsep tersebut agar dapat membantu pemahaman siswa. Media 3DR merupakan media tiga dimensi yang dimana dalam pembuatannya menggunakan bahan daur ulang. Bahan baku pembuatan media 3DR dari daur ulang masih belum dimanfaatkan secara maksimal. Padahal masih banyak bahan baku daur ulang yang masih bisa digunakan sebagai media pembelajaran. Fasilitas media pembelajaran yang kurang dari sekolah bisa diatasi dengan kreativitas guru untuk memanfaatkan barang yang sudah tidak digunakan lagi. Hal ini dapat membuat siswa berimajinasi dengan benar serta juga dapat menarik minat siswa yang diharapkan nantinya siswa akan paham dan mendapatkan hasil belajar yang baik.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Adakah perbedaan penggunaan media 3DR terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem saraf kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kencong Jember? 2) Adakah perbedaan penggunaan media 3DR terhadap hasil belajar afektif siswa pada materi sistem saraf kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kencong Jember? 3)Adakah perbedaan penggunaan media 3DR terhadap hasil belajar psikomotorik siswa pada materi sistem saraf kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kencong Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimen dengan bentuk penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi meliputi seluruh siswa kelas IX IPA. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan sampel kelas XI IPA 6 dan kelas XI IPA 7. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample T-Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan yang signifikan dari adanya penggunaan media 3DR terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem saraf kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kencong Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan hasil signifikansi Independet sample t-test sebesar 0,038. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan dari adanya penggunaan media 3DR terhadap hasil belajar afektif siswa pada materi sistem saraf kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kencong Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan hasil signifikansi Independet sample t-test sebesar 0,041. 3) Terdapat perbedaan yang signifikan dari adanya penggunaan media 3DR terhadap hasil belajar psikomotorik siswa pada materi sistem saraf kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kencong Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan hasil signifikansi Independet sample t-test sebesar 0,020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060114 Systems Biology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060201 Behavioural Ecology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Munadiyas Silmi Octiyani
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:27
Last Modified: 02 Nov 2023 02:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29050

Actions (login required)

View Item View Item