Pengembangan Media Ular Tangga Pada Pembelajaran Tematik Tema 7 Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kelas V di MIN 5 JEMBER

ARYANI, YOLANDA (2023) Pengembangan Media Ular Tangga Pada Pembelajaran Tematik Tema 7 Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kelas V di MIN 5 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
YOLANDA ARYANI_T20194131-1.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : Media Ular Tangga, Meningkatkan Hasil belajar Belajar

Penelitian dan pengembangan ini berlandaskan pada media pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik. Kendala yang dihadapi pada proses pembelajaran yang terjadi di kelas V di MIN 5 Jember berupa kurangnya nilai peserta didik yang tidak mencapai KKM serta peserta didik selalu meminta diadakannya sebuah permainan pada proses pembelajaran.
Fokus penelitian yang diambil yaitu 1) Bagaimana pengembangan media ular tangga pada pembelajaran tematik tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 dalam meningkatkan hasil belajar kelas V di MIN 5 Jember. 2) bagaimana kelayakan media ular tangga. 3) Bagaimana efektifitas pengembangan media pembelajaran ular tangga pada pembelajaran tematik tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 dalam meningkatkan hasil belajar kelas V di MIN 5 Jember. Tujuan penelitian 1)Menghasilkan produk berupa media ular tangga pada pemebelajaran tematik tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 dalam meningkatkan hasil belajar kelas V di MIN 5 Jember. 2)Untuk menguji kelayakan media ular tangga. 3)Menguji keefektifan tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 dalam meningkatkan hasil belajar kelas V di MIN 5 Jember.
Jenis penelitian yang digunakan yaituResearch and Development atau R&D dengan model penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu : Analisys, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan angket, uji normalitas, dan uji sample paired t test.
Hasil penelitian 1)proses pengembangan media ular tangga pada pembelajaran tematik tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 dalam meningkatkan hasil belajar kelas V di MIN 5 Jember, dapat disimpulkan bahwa seorang peserta didik membutuhkan media pembelajaran, yang dapat membantu dalam memahami materi pembelajaran. Karena hal tersebut dapat membangkitkan motivasi belajar siswa yang berakibat pada meningkatnya hasil belajar yang sesuai dengan KKM yang telah ditentukan. 2)Kelayakan media pembelajaran ular tangga mendapatkan validasi oleh ahli media dan ahli materi 92% bahwasannya media ular tangga cukup baik digunakan pada proses pembelajaran.3)Efektifitas pengembangan media pembelajaran ular tangga berdasarkan pelaksanaan uji paired sample paired t-test diketahui nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, terdapat perbedaan yang nyata pada hasil proses post-test dan pre-test. Maka dapat disimpulkan bahwa media ular tangga efektif dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik tema 7 subtema 1 pembelajaran 1.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yolanda aryani pgmi
Date Deposited: 30 Oct 2023 04:19
Last Modified: 30 Oct 2023 04:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29052

Actions (login required)

View Item View Item