Pengaruh Penggunaan Metode Drill dan Strategi Interaktif Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Jember

NUFUS, HAYATI (2023) Pengaruh Penggunaan Metode Drill dan Strategi Interaktif Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hayati Nufus NIM 213206030022.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Drill, Strategi Interaktif Learning, Hasil Belajar Keterbatasan waktu yang dimiliki oleh guru untuk memberikan materi ajar merupakan salah satu kendala utama dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Materi fikih memang membutuhkan kejelian dan pemahaman yang cukup tinggi. Namun dalam kenyataan masih dijumpai beberapa kesulitan yang dihadapi siswa dalam meraih kebermaknaan materi fikih. Hal ini menyebabkan nilai yang diperoleh menjadi kurang baik, bahkan belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan. Rumusan masalah dalam penelitian ini;1) Adakah pengaruh penggunaan metode drill terhadap hasil belajar mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Jember?. 2) Adakah pengaruh penggunaan strategi interaktif learning terhadap hasil belajar mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Jember?. 3) Adakah pengaruh penggunaan metode drill dan strategi interaktif learning terhadap hasil belajar mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Jember Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk menguji ada dan tidaknya pengaruh penggunaan metode drill terhadap hasil belajar mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Jember. 2) Untuk menguji ada dan tidaknya pengaruh penggunaan strategi interaktif learning terhadap hasil belajar mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Jember. 3) Untuk menguji ada dan tidaknya pengaruh penggunaan metode drill dan strategi interaktif learning terhadap hasil belajar mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII sejumlah 169 siswa dengan sampel 54 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Teknik dan Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah dokumentasi. Analisis data yang digunakan Uji T dan Uji F dengan bantuan Aplikasi SPSS 25.0. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: (1) ada pengaruh penggunaan metode drill terhadap hasil belajar mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Jember diperoleh dengan nilai Sign 0,000 < 0,05, sehingga H0 di tolak dan Ha di terima. (2) ada pengaruh penggunaan strategi interaktif learning terhadap hasil belajar mata pelajaran Fiqih di Madrsah Tsanawiyah Negeri 9 Jember diperoleh nilai Sign sebesar 0,000 hal ini menunjukkan bahwa nilai Sign 0,000 < 0,05, sehingga H0 di tolak dan Ha di terima. (3) ada pengaruh penggunaan metode drill dan strategi interaktif learning terhadap hasil belajar mata pelajaran Fiqih di Madrsah Tsanawiyah Negeri 9 Jember diperoleh nilai Sign sebesar 0,000 hal ini menunjukkan bahwa nilai Sign 0,000 < 0,05, maka H0 di tolak dan Ha di terima.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 30 Oct 2023 01:52
Last Modified: 30 Oct 2023 01:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29060

Actions (login required)

View Item View Item