Pengaruh Belanja Modal, Angkatan Kerja, Konsumsi Rumah Tangga Terhadap Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur Tahun 2018-2022

Zuhro, Shofia (2023) Pengaruh Belanja Modal, Angkatan Kerja, Konsumsi Rumah Tangga Terhadap Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur Tahun 2018-2022. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SHOFIATUS ZUHRO_E20192365.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Shofiatus Zuhro, Nur Ika Mauliyah. M. AK. 2023: Pengaruh Belanja Modal, Angkatan Kerja, dan Konsumsi Rumah Tangga Terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur Tahun 2018-2022.
Kata Kunci: Belanja Modal, Angkatan Kerja, Konsumsi Rumah Tangga dan Produk Domestik Regional Bruto
Produk Domestik Regional Bruto merupakan cerminan dari data perekonomian suatu wilayah/daerah yang dapat dilihat dari tabel input-output. Produk Domestik Regional Bruto menurut pengeluaran merupakan alat ukur yang menggambarkan penggunaan barang dan jasa yang dihasilkan melalui aktivitas produksi dalam sistem kerangka kerja ekonomi suatu wilayah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah Belanja Modal berpengaruh terhadap PDRB Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur? (2) Apakah Angkatan Kerja berpengaruh terhadap PDRB Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur? (3) Apakah Konsumsi Rumah Tangga berpengaruh terhadap PDRB Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur? (4) Aapakah Belanja Modal, Angkatan Kerja, Konsumsi Rumah Tangga berpengaruh terhadap PDRB Kabupten/Kota di Provinsi Jawa Timur?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh Belanja Modal terhadap PDRB Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur. (2) Untuk mengetahui pengaruh Angkatan Kerja terhadap PDRB Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur. (3) Untuk mengetahui pengaruh Konsumsi Rumah Tangga terhadap PDRB Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur. (4) Untuk mengetahui pengaruh Belanja Modal, Angkatan Kerja, Konsumsi Rumah Tangga terhadap PDRB Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data sekunder dan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 38 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur. Sedangkan metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sampling jenuh. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 190 (38 x 5). Teknik dan instrument pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data berupa regresi data panel, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan bantuan program E-views 10.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: (1) Belanja Modal berpengaruh positif dan signfikan terhadap PDRB. (2) Angkatan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDRB. (3) Konsumsi Rumah Tangga berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDRB. (4) Variabel Belanja Modal, Angkatan Kerja, Konsumsi Rumah Tangga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Produk Domestik Regional Bruto.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms zuhro shofia
Date Deposited: 31 Oct 2023 07:53
Last Modified: 31 Oct 2023 07:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29066

Actions (login required)

View Item View Item