Pengembangan media spinning wheel pada pembelajaran tematik kelas III disekolah dasar negeri pondok joyo 01 jember

Anggraini, Ajeng (2023) Pengembangan media spinning wheel pada pembelajaran tematik kelas III disekolah dasar negeri pondok joyo 01 jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Ajeng Anggraini _T20194153.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ajeng Anggraini, 2023: Pengembangan Media Spinning Wheel pada Pembelajaran Tematik Kelas III di Sekolah Dasar Negeri Pondok Joyo 01 Jember
Kata Kunci: Pengembangan, Media Spinning Wheel, Pembelajaran Tematik
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SDN Pondok Joyo 01 jember tepatnya dikelas III, menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran dikelas jarang dilakukan dan perlunya pengembangan suatu bahan ajar atau media pembelajaran terutama pada pembelajaran tematik. Karena itulah peneliti mengembangkan sebuah media berupa media Spinning Wheel pada pembelajaran tematik kelas III di Sekolah Dasar Negeri Pondok Joyo 01 Jember. Pengembangan media ini dilakukan agar peserta didik mudah memahami materi pembelajaran dan dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses pengembangan media pembelajaran Spinning Wheel pada pembelajaran tematik kelas III disekolah dasar negeri pondok joyo 01 jember? 2) bagaimana kelayakan desain media pembelajaran Spinning Wheel pada pembelajaran tematik kelas III disekolah dasar negeri pondok joyo 01 jember? 3) bagaimana kepraktisan penggunaan media pembelajaran Spinning wheel pada pembelajaran tematik kelas III disekolah dasar negeri pondok joyo 01 jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran Spinning Wheel pada pembelajaran tematik kelas III disekolah dasar negeri pondok joyo 01 jember. 2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran spinning wheel pada pembelajaran tematik kelas III disekolah dasar negeri pondok joyo 01 jember. 3) untuk mengetahui kepraktisan penggunaan media pembelajaran spinning wheel pada pembelajaran tematik kelas III disekolah dasar negeri pondok joyo 01 jember.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) produk yang dihasilkan dari pengembangan ini berupa media spinning wheel yang terdiri dari papan putar, materi pembelajaran, kuis dan buku panduan. 2) hasil kelayakan media spinning wheel dinyatakan sangat layak dengan hasil persentase kevalidan rata-rata 92% dengan masing-masing perolehan skor ahli media 94%, ahli materi 88% dan ahli pembelajaran 94%, 3) hasil kepraktisan media spinning wheel dinyatakan sangat praktis berdasarkan hasil respon peserta didik dengan perolehan skor sebesar 92%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media spinning wheel sangat valid dan layak untuk diterapkan dalam pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Ajeng Anggraini
Date Deposited: 01 Nov 2023 03:24
Last Modified: 01 Nov 2023 03:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29079

Actions (login required)

View Item View Item