PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS CAPCUT DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 01 TANGGUL JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Maghfiroh, Izza (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS CAPCUT DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 01 TANGGUL JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Izza Maghfiroh T20194139 skripsi....pdf

Download (4MB)

Abstract

Izza Maghfiroh. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Capcut Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 01 Tanggul Jember Tahun Ajaran 2023/2024.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Audio Visual, Minat Belajar, Pembelajaran Tematik
Media pembelajaran sebagai alat untuk menarik perhatian siswa supaya menumbuhkan semangat agar nantinya memperoleh hasil belajar siswa yang memuaskan. Salah satu media pembelajaran tersebut dapat berupa media audio visual berbasis capcut bagian dari perencanaan yang telah di persiapkan guru untuk membantu proses pembelajaran berupa penyajian beberapa gambar bergerak, warna, dan disertai penjelasan tulisan dan suara.
Fokus penelitian ini (1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi capcut dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V di SD Muhammadiyah 01 Tanggul. (2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi capcut dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V di SD Muhammadiyah 01 Tanggul. (3) Bagaimana keefektifan pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi capcut dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V di SD Muhammadiyah 01 tanggul. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran audio visual berbasis capcut dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V di SD Muhammadiyah 01 tanggul. (2) Untuk mengujicobakan kelayakan berupa media pembelajaran audio visual berbasis capcut dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V di SD Muhammadiyah 01 tanggul. (3) Untuk menghasilkan keefektifan berupa media pembelajaran audio visual berbasis capcut dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V di SD Muhammadiyah 01 tanggul.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau sering disebut research and development (R&D). Model penelitian dan penggembangan pada penelitian ini menggunakan model ADDIE yaitu analisis (Analyze), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation).
Hasil penelitian pengembangan media Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Capcut dengan menggunakan metode ADDIE telah memenuhi kriteria dari uji coba beberapa ahli. Hasil uji coba ahli media menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 95,83%, sedangkan kevalidan ahli materi sebesar 96,43% dan ahli pembelajaran sebesar 90% dengan kualifikasi valid dan layak digunakan. Sedangkan hasil uji coba pengguna menunjukkan tingkat ketertarikan peserta didik kelas V mencapai 90,3%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Capcut yang dikembangkan dapat di terapkan dalam pembelajaran kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Izza Maghfiroh
Date Deposited: 01 Nov 2023 03:35
Last Modified: 01 Nov 2023 03:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29081

Actions (login required)

View Item View Item