Analisis Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi di Lingkungan Pesantren Kelas XI IPA MA Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023

Mustofa, Zulva Zakiyah (2023) Analisis Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi di Lingkungan Pesantren Kelas XI IPA MA Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ZULVA ZAKIYAH MUSTOFA_T20198010.pdf

Download (4MB)

Abstract

Zulva Zakiyah Mustofa, 2023 : Analisis Minat Beljajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi di Lingkungan Pesantren Kelas XI IPA di MA Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci : Analisis Minat Belajar, Lingkungan Pesantren
Minat belajar menjadi dasar bagi peserta didik untuk bisa menerima pelajaran dengan baik. Lembaga pendidikan di Indonesia salah satunya yaitu pondok pesantren. Saat ini pondok pesantren dituntut untuk bisa berinovasi dengan cara memasukkan kurikulum pendidikan umum kedalam kurikulum pendidikan pesantren. peneliti menemukan permasalahan terkait minat belajar siswa yang meniti pendidikan di sekolah di lingkungan pesantren pada mata pelajaran Biologi, tepatnya di MA Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo.
Fokus penelitian ini yaitu : 1) Bagaimanakah proses pembelajaran pada mata pelajaran biologisiswa kelas XI IPA Darul Lughah Wal Karomah Kraksaaan Probolinggo? 2) Bagaimanakah minat belajar siswa pada mata pelajaran biologi siswa kelas XI IPA Darul Lughah Wal Karomah Kraksaaan Probolinggo? 3) Apa faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran biolgi kelas XI IPA MA Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo?
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MA Darul Lughah Wal Karomah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kualitatif model Miles, Huberman meliputi pengumpulan data, kondensasi, penyajian, serta penarikan dan verifikasi kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) Pada proses kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran biologi di kelas XI IPA MA Darul Lughah Wal Karomah menunujukkan bahwa proses pembelajaran kurang berjalan dengan baik untuk memenuhi tujuan pembelajaran dan mempengaruhi kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Biologi. Dikarenakan ketidak disiplinan siswa, cara mengajar guru yang monoton dan tidak sesuai dengan RPP dan kurangnya media dan fasilitas pembelajaran yang menjadi pemicu proses pembelajaran kurang berjalan dengan baik. 2) Pada hasil wawancara dan observasi minat belajar siswa menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas XI IPA MA Darul Lughah Wal Karomah berada pada kategori sangat kurang – kurang. 3) Faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas XI IPA MA Darul Lughah Wal Karomah. Faktor internal : kelelahan, intelegensi, sikap, motivasi diri sendiri, dan kejenuhan belajar. Faktor eksternal: lingkungan, cara mengajar guru, model dan metode pembelajaran, fasilitas, waktu sekolah, dan sumber belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mrs Zulva Mustofa
Date Deposited: 01 Nov 2023 07:11
Last Modified: 01 Nov 2023 07:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29089

Actions (login required)

View Item View Item