PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 AR RAHMAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 JEMBER PADA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Balqis, Arini Emha (2023) PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 AR RAHMAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 JEMBER PADA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
T20194014 ARINI EMHA BALQIS.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Arini Emha Balqis, 2023: Pengembangan Media Flash Card Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Ar Rahman di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember Pada Tahun Ajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Flash Card, Bahasa Indonesia
Penelitian dilatarbelakangi oleh kesulitan membaca siswa khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia karena merupakan mata pelajaran yang kurang diminati oleh siswa, metode pembelajaran yang digunakan masih sangat awam seperti metode ceramah dan kurangnya media pembelajaran yanng menunjang dalam proses pembelajaran. Sehingga pemahaman siswa pun berkurang. Melalui pengembangan media flashcard Bahasa Indonesia ini diharapkan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan.
Rumusan Penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 Ar Rahman di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember (2) Bagaimana kelayakan penggunaan media flashcard dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 Ar rahman di madrasah ibtidaiyah negeri 1 Jember. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran flashcard dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 Ar rahman di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember. (2) Mendeskripsikan kelayakan penggunaan media flashcard dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 Ar rahman di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember.
Untuk mengidetinfikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan atau Reserch and Develompent (R&D). Pengembangan dilakukan menggunakan tahapan ADDIE yaitu Analysis, (Analisis), Desaign (Perencanaan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini berbentuk media flashcard bahasa indonesia pada materi abjad. Spesifikasi produk yang dihasilkan yaitu berupa kartu cetak yang berukuran A4 menggunakan kertas art ivory dengan ketebalan 250 gsm jumlah media yang dibuat yaitu 29 kartu. Flash card ini dibuat menggunakan aplikasi canva. Isi dari Flash Card materi abjad diantaranya judul materi, pokok pembahasan materi dan gambar penunjang Hasil uji coba pengembangan media flashcard ini memiliki tingkat kevalidan dari ahli media sebesar 90%, ahli materi 88 %, respon guru 98% sedangkan respon peserta didik 73,5 % dengan jumlah kesuluran yaitu 87,3 % pada tabel kevalidan produk, hasil ini masuk pada kategori yang sangat layak artinya tidak memerlukan revisi dan dapat implementasikan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Arini Emha Balqis
Date Deposited: 02 Nov 2023 03:11
Last Modified: 02 Nov 2023 03:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29095

Actions (login required)

View Item View Item