Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Tenaga Kerja Terhadap Profitabilitas Bank Mega Syariah Periode 2017-2022

Khuluqi, Husnul (2023) Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Tenaga Kerja Terhadap Profitabilitas Bank Mega Syariah Periode 2017-2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Husnul Khuluqi _E20191189.pdf

Download (6MB)

Abstract

Husnul Khuluqi, 2023: Pengaruh Biaya Promosi Dan Biaya Tenaga Kerja Terhadap Profitabilitas Bank Mega Syariah Periode 2017-2022.
Kata kunci: biaya promosi, biaya tenaga kerja, profitabilitas (ROA).
Profitabilitas adalah suatu kemampuan bank dalam menghasilkan sebuah keuntungan yang berasal dari kegiatan operasional bank. Profitabilitas merupakan indikator yang paling tepat untuk mengukur kinerja suatu bank Dalam menentukan tingkat kesehatan bank yang pada akhirnya dapat mencerminkan keberlanjutan kinerja keuangan suatu bank, Bank Indonesia lebih mementingkan penilaian besarnya laba berdasarkan ROA karena Bank Indonesia lebih mengutamakan nilai profitabilitas suatu bank yang diukur dengan aset yang sebagian besar dananya dihimpun dari simpanan masyarakat.
Rumusan massalah pada penelitian ini yaitu: 1) Apakah biaya promosi berpengaruh secara parsial terhadap profitabilatas Bank Mega Syariah? 2) Apakah biaya tenaga kerja berpengaruh secara parsial terhadap profitabilitas Bank Mega Syariah? 3) Apakah biaya promosi dan biaya tenaga kerja berpengaruh secara simultan terhadap profitabilitas Bank Mega Syariah?.
Tujuan pada penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui tentang pengaruh biaya promosi secara parsial terhadap profitabilatas Bank Mega Syariah. 2) Mengatahui tentang pengaruh biaya tenaga kerja secara parsial terhadap profitabilitas Bank Mega Syariah. 3) Mengetahui pengaruh biaya promosi dan biaya tenaga kerja secara simultan terhadap profitabilitas Bank Mega Syariah.
Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian korelasi, yaitu untuk mengetahui suatu tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih, metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan program SPSS Versi 21 untuk pengelolahan data. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder yang diperoleh dari website resmi Bsnk Mega Syariah periode 2017-2022. Data observasi yang digunakan berjumlah 66 data.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu 1) Biaya promosi secara parsial berpengaruh secara positif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas ROA. 2) Biaya tenaga kerja mempengarui secara parsial terhadap profitabilitas ROA secara positif dan signifikan. 3) Biaya promosi dan biaya tenaga kerja berpengaruh simultan secara positif dan signifikan terhadap profitabilitas ROA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: HUSNUL KHU LUQI
Date Deposited: 02 Nov 2023 06:58
Last Modified: 02 Nov 2023 06:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29096

Actions (login required)

View Item View Item