Sistem Pengangkatan Kepala Negara (Analisis tentang Perbandingan antara Al-Mawardi dan UUD 1945)

Siti Hematul Lutfiah, Siti Hematul Lutfiah (2023) Sistem Pengangkatan Kepala Negara (Analisis tentang Perbandingan antara Al-Mawardi dan UUD 1945). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI SITI HEMATUL LUTFIAH.pdf

Download (19MB)

Abstract

Siti Hematul Lutfiah, 2023: SISTEM PENGANGKATAN KEPALA NEGARA (Analisis tentang Perbandingan antara Al-Mawardi dan UUD 1945), Jurusan Hukum Islam, Prodi Hukum Tata Negara, Fakultas Syariah, UIN KHAS Jember.

Kata Kunci: Pengangkatan Kepala Negara, Syarat Kepala Negara, Pemilihan Kepala Negara

Skripsi ini membahas mengenai perbandingan sistem pengangkatan kepala negara antara Al-Mawardi dan 1945. Diawali dengan kajian sejarah pemerintahan Al-Mawardi yang hidup pada abad pertengahan dimana situasi politik pada saat itu sangat tidak stabil dan mengarah pada masa kemunduran dinasti Abbasiyyah telah melahirkan sebuah konsep sistem pemerintah yang didasarkan realitas politik pada zamannya. Pemikiran politik Al-Mawardi kemudian dituangkan dalam buku yang berjudul Ahkam Shulthaniyah dan menjadi konsep dasar bagi pengembangan pemikiran politik dan penerapannya di Indonesia. penerapannya di Indonesia tampak pada teori Al-Mawardi mengenai kontrak sosial yang menjelaskan hubungan antara ahlul ahli wal hal dengan ahl al-imamah. Konsep ini kemudian dikembangkan dalam sistem pemerintahan di Indonesia menjadi tiga lembaga yaitu: lembaga legislatif, lembaga eksekutif, dan lembaga yudikatif.
Fokus penelitian: 1) Bagaimana sistem pengangkatan kepala negara khususnya terkait syarat dan pemilihan menurut Al-Mawardi? 2) Bagaimana sistem pengangkatan kepala negara khususnya terkait syarat dan pemilihan menurut UUD 1945? 3) Bagaimana perbandingan sistem pengangkatan kepala negara khususnya terkait syarat dan pemilihan menurut Al-Mawardi dan UUD 1945?
Jenis penelitian ini ialah yuridis normatif dengan pendekatan perundang-undangan (statue approach) dan pendekatan perbandingan (comperative aprroach). Teknik pengumpulan sumber bahan hukum berupa studi kepustakaan (library research). Teknik analisis sumber bahan hukum deskriptif kualitatif dengan tahapan penelitian sebagai penunjang untuk memperoleh hasil yang maksimal.
Hasil dari penelitian ini: 1) Sitem pengangkatan kepala negara menurut Al-Mawardi yaitu: pertama, harus adil, mempunyai kemampuan untuk berijtihad, mempunyai panca indra yang sehat, mempunyai organ tubuh yang sehat, mempunyai pengetahuan sehingga mampu memimpin rakyat, mempunyai keberanian dan bersifat kesatria, dan berasal dari keturunan Quraisy. Kedua, kepala negara dipilih melalui dua cara yaitu Ahlul ahli wal aqdi dan penunjukan oleh pemimpin sebelumnya. 2) Sistem pengangkatan kepala negara menurut UUD 1945 yaitu: pertama, harus warga negara Indonesia sejak kelahirannya dan tidak pernah menerima kewenangan lain karena kehendaknya sendiri. Kedua, kepala negara dipilih secara langsung oleh rakyat melalui pemilu. 3) Sistem perbandingan pengangkatan kepala negara antara Al-Mawardi dan UUD 1945 mempunyai persamaan dan perbedaan khususnya pada syarat dan pemilihan kepala negara. Karena UUD 1945 hidup pada masa yang berbeda dengan Al-Mawardi dan zaman sekarang sudah maju, maka ada perbedaan pandangan yang tidak dapat diaplikasikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
Depositing User: Siti Hematul Lutfiah Lasito
Date Deposited: 01 Nov 2023 07:24
Last Modified: 01 Nov 2023 07:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29104

Actions (login required)

View Item View Item