zumala, zulfi (2021) INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Zulfi Zumala_T20171253.pdf Download (15MB) |
Abstract
Kata Kunci : Inovasi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Inovasi merupakan bagian penting dari pendidikan, khususnya dalam matapelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Suatu inovasi ada karena tuntutan sebuah zaman dan melihat hasil belajar dari peserta didik dan siswa tidak fokus pada materi yang disampaiakan. Inovasi pembelajaran merupakan gagasan atau ide baru yang dituangkan dalam proses pembelajaran, khususnya strategi dan media pembelajaran. Pemanfaatan strategi dan media yang kurang tersebut memunculkan inovasi baru dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti, agar siswa lebih mudah memahami materi, tidak merasa bosan, dan peserta didik lebih aktif di dalam kegiatan belajar mengajar. Termasuk dalam penelitian ini yang peneliti lakukan, suatu lembaga atau sekolah yang menerapkan inovasi strategi interaktif dan inovasi media peraga dalam pembelajaran, khususnya matapelajaran PAI dan Budi Pekerti. Fokus Penelitian ini adalah : 1) Bagaimana inovasi strategi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 4 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021?. 2) Bagaimana inovasi media pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 4 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021?. Tujuan Penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan inovasi strategi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 4 Jember tahun pelajaran 2020/2021. 2) Untuk mendeskripsikan inovasi media pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 4 Jember tahun pelajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Penelitian ini digunakan untuk meneliti objek alamiah. Adapun teknik pengumpulan dalam skripsi ini menggunaka observasi partisipasif, wawancara semiterstuktur, dan studi dokumen. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Milles dan Huberman dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) Inovasi Strategi Pembelajaran PAI di SMAN 4 Jember. Inovasi Strategi yang diggunakan sangat mengasah kekreatifitasan siswa dalam menyampaikan materi di kelas, siswa lebih aktif dalam proses diskusi dan tejadi inteaksi antara kelompok yang presentasi dengan siswa sebagai audien, dan siswa lebih mudah faham dengan matei yang disampaikan dengan strategi pembelajaran inteaktif. 2) Inovasi Media Pembelajaran PAI di SMAN 4 Jember. Inovasi Media dalam penerapannya media perga ini dapat meningkatkan minat belajar siswa, keaktifan siswa dan kekreatifitasan siswa. Media peraga dapat membuat suasana kelas lebih hidup dan membuat adanya kegiatan interaksi yang aktif siswa audien dengan siswa penyampai materi, dan terjadinya timbal balik didalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 06:46 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 06:46 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29112 |
Actions (login required)
View Item |