TEKNIK SUPERVISI INDIVIDUAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADARASAH ALIYAH NEGERI BONDOWOSO

faidah, witdatul (2020) TEKNIK SUPERVISI INDIVIDUAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADARASAH ALIYAH NEGERI BONDOWOSO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Witdatul Faidah_T20163031.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Teknik Supervisi Individual, Kepala Madrasah, kompetensi pedagogik, guru PAI MAN Bondowoso Kepala madrasah memiliki tanggung jawab dalam membantu guru meningkatkan kompetensinya untuk memperoleh keberhasilan pembelajaran. Salah satu tugas kepala madrasah untuk menciptakan pembelajaran yang optimal; yaitu dengn melakukan supervisi kepada guru terkait dengan pengelolaan pembelajaran atau kompetensi pedagogik. Fokus kajian dalam skripsi yaitu: (1) Bagaimana teknik supervisi kunjungan kelas kepala madrasah dalam meingkatkan kompetensi pedagogik guru PAI?; (2) Bagaimana teknik supervisi observasi kelas kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI?; (3) Bagaimana teknik supervisi percakapan pribadi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI?; (4) Bagaimana teknik supervisi inter-visitasi dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI?; dan (5) Bagaimana teknik supervisi menilai diri sendiri dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI? Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian Studi kasus.Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dan Saldana, dilakukan dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Kepala Madrasah MAN Bondowoso melakukan teknik supervisi kunjungan kelas dengan datang sendiri secara tiba-tiba ke kelas yang telah ditentukan dari pantauan CCTV sebelumnya, kepala madrasah melakukan kunjungan kelas untuk mengetahui kehadiran guru dikelas tanpa memantau berjalannya pembelajaran secara mendalam; (2) Teknik supervisi observasi kelas dilakukan kepala madrasah dibantu oleh Tim PKG, untuk mengobservasi guru PAI kepala madrasah dibantu oleh Ibu Triana dengan melakukan observasi langsung di kelas dengan memantau berjalannya pembelajaran di kelas secara mendalam dan membawa instrumen penilaian (check list); 3) Teknik supervisi percakapan pribadi dilakukan oleh tim PKG yaitu Ibu Triana setelah pembelajaran di kelas selesai dan pecakapan pribadi dilakukan dengan menunjukkan nilai yang diproleh guru yang disupervisi dan mendengar kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru dalam mengajar; 4) Teknik supervisi Inter-visitasi di MAN Bondowoso hanya dilakukan antar kelas di dalam lembaga dengan mengikuti guru yang lebih berpengalaman, dan melaksanakan apa yang telah dipantau saat melakukan kunjungan antar kelas di kelasnya sendiri; dan 5) Teknik supervisi menilai diri sendiri dilakukan guru PAI secara terbuka dan tertutup terbuka yaitu dengan menanyakan satu persatu pendapat peserta didiknya tentang bagaimana cara pendidik itu mengajar, tertutup yaitu dengan memberikan pertanyaan saat diadakan tes tulis atau ulangan tengah semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 02 Nov 2023 06:46
Last Modified: 02 Nov 2023 06:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29116

Actions (login required)

View Item View Item