MODEL KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 JEMBER

puspitalia, yuni (2021) MODEL KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 JEMBER. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Yuni Puspitalia_0849317053.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kata Kunci: Model Komunikasi, Komunikasi Interpersonal Proses mengarahkan siswa sampai menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia tidak hanya mengendalikan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang waktunya terbatas, tetapi perlu juga pembiasan secara terus-menerus dan berkelanjutan di luar jam pelajaran Pendidikan Agama Islam, baik di dalam kelas, di luar kelas, maupun di luar sekolah. Bahkan, diperlukan pula kerjasama yang harmonis dan interaktif di antara para warga sekolah dan para tenaga kependidikan yang ada di dalamnya. Dari sini komunikasi interpersonal guru Pendidikan Agama Islam sangat diperlukan dalam mengembangkan karakter religius siswa. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana model komunikasi interpersonal guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk mengembangkan karakter jujur siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Jember?, dan 2) Bagaimana model komunikasi interpersonal guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk mengembangkan karakter disiplin siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Jember? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dan Saldana (koleksi data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Model komunikasi interpersonal guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk mengembangkan karakter jujur siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Jember yaitu menggunakan model multiple-person dan model interaktif. 2) Model komunikasi interpersonal guru dalam pemelajaran Pendidikan Agama Islam untuk mengembangkan karakter disiplin siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Jember yaitu menggunakan model interaktif dan model person to group.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 02 Nov 2023 06:46
Last Modified: 02 Nov 2023 06:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29124

Actions (login required)

View Item View Item