PENGARUH HARGA, CITRA MEREK, STATUS SOSIAL, KUALITAS PRODUK, DAN SITUASI KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI CV. BATIK TULIS PRABULINGGIH PROBOLINGGO

citra dewi, yulia (2020) PENGARUH HARGA, CITRA MEREK, STATUS SOSIAL, KUALITAS PRODUK, DAN SITUASI KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI CV. BATIK TULIS PRABULINGGIH PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Jember.

[img] Text
Yulia Citra Dewi_E20162116.pdf

Download (1MB)

Abstract

Loyalitas pelanggan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap usaha. Dengan loyalitas pelanggan yang baik, produksi perusahaan akan tetap berjalan dengan baik pula. tidak hanya dalam jangka pendek tetapi juga bisa menciptakan keunggulan bersaing yang berkelanjutan. Hal ini karena kesetiaan pelanggan memiliki nilai strategik bagi perusahaan. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Apakah terdapat pengaruh signifikan variabel harga terhadap loyalitas pelanggan di CV. Batik Tulis Prabulinggih Probolinggo?, 2) Apakah terdapat pengaruh signifikan variabel citra merek terhadap loyalitas pelanggan di CV. Batik Tulis Prabulinggih Probolinggo?, 3) Apakah terdapat pengaruh signifikan variabel status sosial terhadap loyalitas pelanggan di CV. Batik Tulis Prabulinggih Probolinggo?, 4) Apakah terdapat pengaruh signifikan variabel kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan di CV. Batik Tulis Prabulinggih Probolinggo?, 5) Apakah terdapat pengaruh signifikan variabel situasi konsumen terhadap loyalitas pelanggan di CV. Batik Tulis Prabulinggih Probolinggo?, 6) Apakah terdapat pengaruh signifikan variabel harga, citra merek, status sosial, kualitas produk, dan situasi konsumen secara simultan pada loyalitas pelanggan di CV. Batik Tulis Prabulinggih Probolinggo?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh signifikan variabel harga pada loyalitas pelanggan di CV. Batik Tulis Prabulinggih Probolinggo. 2) Untuk mengetahui pengaruh signifikan variabel citra merek pada loyalitas pelanggan di CV. Batik Tulis Prabulinggih Probolinggo. 3) Untuk mengetahui pengaruh signifikan variabel status sosial pada loyalitas pelanggan di CV. Batik Tulis Prabulinggih Probolinggo. 4) Untuk mengetahui pengaruh signifikan variabel kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan di CV. Batik Tulis Prabulinggih Probolinggo. 5) Untuk mengetahui pengaruh signifikan variabel situasi konsumen pada loyalitas pelanggan di CV. Batik Tulis Prabulinggih Probolinggo. 6) Untuk memgetahui pengaruh signifikan variabel harga, citra merek, status sosial, kualitas produk, dan situasi konsumen secara simultan pada loyalitas pelanggan di CV. Batik Tulis Prabulinggih Probolinggo. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pendekatan statistik deskriptif. Pengumpulan data berupa kuisioner dan wawancara dengan data yang digunakan yaitu data primer. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Variabel harga (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai (thitung -0,662 < ttabel 2,048) dengan tingkat signifikansi (0,270 > 0,05). 2) Variabel citra merek (X2) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai (thitung 3,155 > ttabel 2,048) dengan tingkat signifikansi (0,004 < 0,05). 3) Variabel status digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id x sosial (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan di CV. Batik Tulis Prabulinggih dengan nilai (thitung 1,022 < ttabel 2,048) dengan tingkat signifikansi (0,317 > 0,05). 4) Variabel kualitas produk (X4) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan di CV. Batik Tulis Prabulinggih dengan nilai (thitung 2,081 > ttabel 2,048) dengan tingkat signifikansi (0,048 < 0,05). 5) Variabel situasi konsumen (X5) tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan di CV. Batik Tulis Prabulinggih dengan nilai (thitung 0,119 < ttabel 2,048) dengan tingkat signifikansi (0,906 > 0,05). 6) Terdapat pengaruh signifikan variabel independen terhadap variabel dependen secara simultan (bersama-sama) di CV. Batik Tulis Prabulinggih Probolinggo dengan nilai (fhitung 29,396 > ftabel 3,36) dengan tingkat signifikansi (0,000 < 0,05). Kecuali ada 3 variabel yang tidak berpengaruh secara signifikan, yaitu variabel harga (X1), variabel status sosial (X3), dan variabel situasi konsumen (X5). Kata kunci : Harga, Citra Merek, Status Sosial, Kualitas Produk, dan Situasi Konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 02 Nov 2023 06:45
Last Modified: 02 Nov 2023 06:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29128

Actions (login required)

View Item View Item