Peran Guru Fiqih Dalam Menerapkan Pembelajaran Yang Efektif Kelas VII MTs Rogojampi Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023

Mila, Kar (2023) Peran Guru Fiqih Dalam Menerapkan Pembelajaran Yang Efektif Kelas VII MTs Rogojampi Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
KARMILA_T20191248-compressed.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Karmila, 2023, Peran Guru Fiqih Dalam Menerapkan Pembelajaran Yang Efektif Kelas VII MTs Rogojampi Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Peran Guru, Fiqih, Pembelajaran Yang Efektif
Guru berperan sebagai pengajar, motivator dan demonstrator. Pada umumnya guru menilai peserta didik dari 3 aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Namun pada kenyataannya guru MTs Rogojampi Banyuwangi hanya melihat dari nilai hasil akhir peserta didik saja. Guru harus meningkatkan perannya karena dalam proses belajar mengajar dan hasil belajar siswa sebagian besar menjadi tanggung jawab seorang guru. Guru yang kompeten akan lebih mampu untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif sehingga hasil belajar siswa berada pada tingkat optimal.
Fokus dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran guru Fiqih sebagai pengajar dalam menerapkan pembelajaran yang efektif pada matapelajaran fiqih kelas VII di MTs Rogojampi Banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimana peran guru Fiqih sebagai motivator dalam menerapkan pembelajaran yang efektif kelas VII di MTs Rogojampi Banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023? 3) Bagaimana peran guru Fiqih sebagai demonstrator dalam menerapkan pembelajaran yang efektif pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Rogojampi Banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023?
Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan peran guru Fiqih sebagai pengajar dalam menerapkan pembelajaran yang efektif pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Rogojampi Banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023? 2) Mendeskripsikan peran guru Fiqih sebagai motivator dalam menerapkan pembelajaran yang efektif pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Rogojampi Banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023? 3) Mendeskripsikan peran guru Fiqih sebagai demonstrator dalam menerapkan pembelajaran yang efektif pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Rogojampi Banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023?
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dai pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan trianguasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah 1) Peran guru sebagai pengajar dalam menerapkan pembelajaran yang efektif di MTs Rogojampi Banyuwangi yaitu (a) merencanakan pembelajaran, (b) menguasai materi dan (c) menguasai kurikulum. 2) Peran guru sebagai motivator dalam menerapkan pembelajaran yang efektif di MTs Rogojampi Banyuwangi yaitu (a) memberikan nasihat , (b) arahan dan (c) petunjuk. 3) Peran guru sebagai demonstrator dalam menerapkan pembelajaran yang efektif di MTs Rogojampi Banyuwangi yaitu (a) membentuk kelompok, (b) mempraktekkan materi yang dipelajari, serta memberikan penilaian yang tidak hanya melihat dari hasil akhirnya saja tetapi juga dari keaktifan peserta didik dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kar mila
Date Deposited: 03 Nov 2023 07:12
Last Modified: 03 Nov 2023 07:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29129

Actions (login required)

View Item View Item