PEMBIASAAN KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK BUDAYA ISLAMI PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL ULUM SUMBERANOM TAMANAN BONDOWOSO

Kholiq, Abdul (2023) PEMBIASAAN KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK BUDAYA ISLAMI PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL ULUM SUMBERANOM TAMANAN BONDOWOSO. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Abdul Kholiq_213206030047.pdf

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK

Kholiq, Abdul, 2023. Pembiasaan Kegiatan Keagamaan Dalam Membentuk Budaya Islami Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Sumberanom Tamanan Bondowoso. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. H. Saihan, S.Ag., M.Pd.I. Pembimbing II: Dr. Nino Indrianto, M.Pd.

Kata Kunci: Pembiasaan, Kegiatan Keagamaan, Budaya Islami

Kemajuan teknologi dapat memberikan dampak baik dan buruk bagi manusia terutama generasi muda. Maka perlu adanya upaya untuk memfilter dampak buruk dari teknologi khususnya generasi pelajar. Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Sumberanom Tamanan Bondowoso mengambil tindakan dengan membiasakan peserta didik untuk melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan dalam membentuk budaya Islami, baik ruang lingkup akidah, ibadah, dan akhlak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembiasaan kegiatan keagamaan dalam membentuk budaya Islami peserta didik berupa akidah, ibadah, dan akhlak sesuai dengan fokus penelitian yaitu; 1) bagaimana pembiasaan kegiatan keagamaan dalam membentuk budaya Islami ruang lingkup akidah peserta didik?; 2) bagaimana pembiasaan kegiatan keagamaan dalam membentuk budaya Islami ruang lingkup akidah peserta didik?; 3) bagaimana pembiasaan kegiatan keagamaan dalam membentuk budaya Islami ruang lingkup akidah peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Sumberanom Tamanan Bondowoso?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data deskriptif menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kegiatan keagamaan dalam membentuk budaya akidah peserta didik dilakukan dengan memberikan pengetahuan tentang arti dari naẓam aqidah al-awām, memberikan nasihat, dan mejalankan kehidupan sesuai ajaran Islam; 2) kegiatan keagamaan dalam membentuk budaya ibadah peserta didik dilakukan dengan memberikan pengetahuan tentang kewajiban manusia untuk beribadah, memberikan nasihat dan teladan, serta melaksanakan salat duha dan zuhur berjamaah, doa bersama sebelum dan sesudah pembelajaran, dan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan Peringatan Hari-hari Besar Islam (PHBI) berupa salat ‘īd al-aḍḥā; 3) kegiatan keagamaan dalam membentuk budaya akhlak peserta didik dilakukan dengan memberikan pengetahuan tentang akhlak, nasehat, teladan, dan pembiasaan 5S (salam, senyum, sapa, sopan, santun) di lingkungan madrasah. Namun, budaya Islami belum terbentuk seutuhnya karena peserta didik melaksanakan kegiatan keagamaan bukan karena kemauan sendiri tapi karena terdapat reward and punishment.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Abdul Kholiq
Date Deposited: 08 Nov 2023 07:25
Last Modified: 08 Nov 2023 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29138

Actions (login required)

View Item View Item