Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Kolase dengan Biji-Bijian pada Kelompok B di TK Masyithoh 22 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan

Damayanti, Dhea (2023) Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Kolase dengan Biji-Bijian pada Kelompok B di TK Masyithoh 22 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI DHEA DAMAYANTI (T20195060)__.pdf

Download (3MB)
[img] Text
REVISI ASLII SKRIPSI DHEA DAMAYANTI (T20195060) salinan-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dhea Damayanti, 2023: Mengembangakan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Kolase Dengan Biji-Bijian Pada Kelompok B di TK Masyithoh 22 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan.
Kata Kunci :Kreativitas, Kegiatan Kolase.

Konteks penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan pembelajaran yang pasif dapat menyebabkan anak tidak dapat mengekspresikan imajinasinya sendiri.Oleh karena itu mengembangkan kreativitas anak melalui kegiatan kolase ini sangat diperlukan.Hal tersebut juga diterapkan di TK Masyithoh 22 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan dalam mengembangkan kreativitas anak melalui kegiatan kolase dengan biji-bijian.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: Bagaimana tahapan mengembangkan kreativitas anak melalui kegiatan kolase dengan biji-bijian pada kelompok B di TK Masyithoh 22 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan?.Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: Untuk mendeskripsikan tahapan mengembangkan kreativitas anak melalui kegiatan kolase dengan biji-bijian pada kelompok B di TK Masyithoh 22 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis penelitian studi kasus.Obyek penelitiannya di TK Masyithoh 22 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan.Subyek penelitiannya yaitu kepala sekolah, guru kelas kelompok B, guru pendamping kelompok B, dan peserta didik kelompok B. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi.Sedangkan untukmenganalisis data menggunakan teori Milles dan Hubberman. Keabsaan data dalam penelitian ini menggunakan trianggualasi sumber dan trianggulasi teknik.
Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu tahapan mengembangkan kreativitas melalui kegiatan kolase dengan biji-bijian pada kelompok B di TK Masyithoh 22 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan guru memiliki beberapa tahapan dalam menerapkan kegiatan kolase yaitu 1) Menyiapkan RPPH. 2) Menyiapkan bahan dan media yang digunakan dalam kegiatan kolase biji-bijian. 3) Guru memberikan pengarahan kepada anak. 4) Mengawasi dan mendampingi ketika anak melaksanakan kegiatan tersebut dan mendampingi anak ketika mereka merasa kesulitan saat mengerjakan tugas melalui kegiatan kolase dengan biji-bijian. 5) Untuk pelaksanaanya sendiri dilaksanakan setiap seminggu sekali agar perkembangan anak juga dapat berkembang secara optimal. 6) Evaluasi kegiatan kolase dilaksanakan setiap hari pada akhir kegiatan pembelajaran.Untuk hasil pencapaian dari 18 anak dalam kemampuan BB (Belum Berkembang) terdapat 0 anak, MB (Mulai Berkembang) 5 anak, BSH (Berkembang Sesuai Harapan) 8 anak, dan BSB (Berkembang Sangat Baik) terdapat 5 anak. Maka dengan adanya pelaksanaan kegiatan kolase dengan biji-bijian pencapaian anak dapat dikatakan berkembang sesuai harapan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Dhea Damayanti
Date Deposited: 03 Nov 2023 06:31
Last Modified: 03 Nov 2023 06:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29139

Actions (login required)

View Item View Item