Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kegiatan Keagamaan Di SMP Negeri 1 Tegaldlimo Banyuwangi

Putri, Isna nurinda (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kegiatan Keagamaan Di SMP Negeri 1 Tegaldlimo Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ISNA NURINDA PUTRI watermark.pdf

Download (6MB)

Abstract

Isna Nurinda Putri. 2023. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kegiatan Keagamaan Di SMP Negeri 1 Tegaldlimo Banyuwangi.

Kata kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Kegiatan Keagamaan.

Peran guru dalam pendidikan dan pembelajaran akan menjadi teladan bagi siswa. Guru perlu melaksanakan pembelajaran dengan menyenangkan, menarik, kreatif, bersahabat dan fleksibel. Peran guru tidak akan pernah tergantikan oleh teknologi sehebat apapun. Ini karena teknologi tidak dapat menjadi fasilitator, inspiratoe, motivator, imajinasi, kreatifitas, empati sosial dan tim kerja serta pengembangan nilai-nilai karakter.

Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran guru pendidikan agama islam sebagai pendidik dalam meningkatkan kegiatan keagamaan di SMP Negeri 1 Tegaldlimo Banyuwangi?. 2) Bagaimana peran guru pendidikan agama islam sebagai pembimbing dalam meningkatkan kegiatan keagamaan di SMP Negeri 1 Tegaldlimo Banyuwangi?. 3) Bagaimana peran guru pendidikan agama islam sebagai fasilitator dalam meningkatkan kegiatan keagamaan di SMP Negeri 1 Tegaldlimo Banyuwangi?.

Tujuan dari penelitian ini adalah: Mendreskripsikan bagaimana peran guru pendidikan agama islam sebagai pendidik, pembimbing dan fasilitator dalam meningkatkan kegiatan keagamaan di SMP Negeri 1 Tegaldlimo Banyuwangi.

Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research) menggunakan teknik pengumpulan data: 1) Observasi 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua jenis triangulasi yaitu 1) Triangulasi sumber, dan 2) Triangulasi teknik. Dan analisis data dalam penellitian ini yaitu 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, dan 3) Kesimpulan atau verifikasi.

Penelitian ini memperoleh hasil bahwa guru pendidikan agama islam berperan sebagai pendidik, pembimbing dan fasilitator dalam meningkatkan kegiatan keagamaan di SMP Negeri 1 Tegaldlimo Banyuwangi. Kegiatan keagamaan yang dilaksanakan yaitu membaca Al-Qur’an dengan tutor sebaya. Kegiatan ini dilaksanakan di 1 jam pertama dalam mata pelajaran pendidikan agama islam. Dalam pelaksanaannya diawali dengan siswa bergabung dengan tutor masing-masing lalu mulai membaca Al-Qur’an. Kegiatan ini didukung oleh kepala sekolah karena untuk menambah sikap religius dari siswa yang bisa dibawa dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Peran guru sebagai pendidik memiliki tugas mengajar, mendidik dan melatih siswa dengan tujuan agar siswa memiliki pengetahuan dan keterampilan, akhlak mulia dan dapat berfikir secara cerdas. Peran guru sebagai pembimbing adalah membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar. Peran guru sebagai fasilitator memberikan fasilitas kepada siswa bukan berupa fasilitas berupa fisik tetapi guru memberikan fasilitas berupa pelayanan dan kenyamanan siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar agar siswa tidak bosan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs isna nurinda putri
Date Deposited: 03 Nov 2023 02:34
Last Modified: 03 Nov 2023 02:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29140

Actions (login required)

View Item View Item