Strategi Guru dalam Peningkatan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Kelompok B TK. Dharma Wanita Persatuan 1 Pekoren Rembang Kabupaten Pasuruan

Khasanah, Iftakhiyatul (2023) Strategi Guru dalam Peningkatan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Kelompok B TK. Dharma Wanita Persatuan 1 Pekoren Rembang Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI IFTAKHIYATUL KHASANAH (T20195049).pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI IFTAKHIYATUL KHASANAH (T20195049).pdf

Download (4MB)

Abstract

Iftakhiyatul Khasanah, 2023 : Strategi Guru dalam Peningkatan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Kelompok B TK. Dharma Wanita Persatuan 1 Pekoren Rembang Kabupaten Pasuruan.

Kata Kunci : Strategi Guru, Kecerdasan Sosial Emosional, Anak Usia Dini
Strategi guru dalam meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini TK. Dharma Wanita Persatuan 1 Pekoren Rembang Kabupaten Pasuruan membentuk hasil perkembangan sosial emosional yang baik bagi anak usia dini sehingga menjadi pondasi bagi kehidupan anak selanjutnya. Guru dapat menggunakan metode pembelajaran untuk menjalan strategi pembelajaran yang telah disusun, Indikator pada kecerdasan sosial emosional pada lembaga tersebut yaitu kesadaran diri, pengelolaan diri, kesediaan sosial, pengambilan keputusan dan, keterampilan sosial.
Dalam penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu : bagaimana strategi guru dalam menggunakan metode pembelajaran untuk peningkatan kecerdasan sosial emosional kelompok B TK. Dharma Wanita Persatuan 1 Pekoren Rembang Kabupaten Pasuruan?. Tujuan Penelitian dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi guru dalam menggunakan metode pembelajaran untuk peningkatan kecerdasan sosial emosional anak usia dini kelompok B TK. Dharma Wanita Persatuan 1 Pekoren Rembang Kabupaten Pasuruan.
Jenis penelitian pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif. Lokasi penelitian TK. Dharma Wanita Persatuan 1 Pekoren Rembang Kabupaten Pasuruan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti antara lain kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik
Hasil dari penelitian yang diperoleh yaitu strategi guru yang digunakan pada TK. Dharma Wanita Persatuan 1 Pekoren Rembang Kabupaten Pasuruan tersebut memilih 3 metode yang disesuaikan dengan kegiatan inti setiap harinya, dalam penelitian ini menggunakan metode demonstrasi melalui pembiasaan, bermain peran, dan bernyanyi untuk menstimulus kecerdasan sosial emosionalnya. Indikator kecerdasan sosial emosional yang distimulus yaitu kesadaran diri, pengelolaan diri, kesediaan sosial, pengambilan keputusan dan, keterampilan sosial. Guru menstimulus kecerdasan sosial emosional pada anak usia dini di lembaga tersebut melalui pembiasaan yang diajarkan mulai dari masuk gerbang sekolah hingga ia pulang serta dapat memberikan penugasan melalui kegiatan pembelajaran yang diberikan oleh guru, hal tersebut tentunya tetap dalam bimbingan seorang guru. Jika penstimulusan kecerdasan sosial emosional anak dapat berkembang baik maka guru memberikan rewards pada anak berupa stempel bintang atau mahkota kertas agar anak terus bersemangat dalam mengerjakan setiap perilaku baik yang dia tunjukkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Iftakhiyatul Khasanah
Date Deposited: 03 Nov 2023 06:41
Last Modified: 03 Nov 2023 06:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29142

Actions (login required)

View Item View Item