IMPLEMENTASI FILANTROPI ISLAM MELALUI PROGRAM KAMPUNG ZAKAT TERPADU (KZT) DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN PROBOLINGGO

firmansyah akbar, yusril (2021) IMPLEMENTASI FILANTROPI ISLAM MELALUI PROGRAM KAMPUNG ZAKAT TERPADU (KZT) DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Yusril Firmansyah Akbar_E20174021.pdf

Download (5MB)

Abstract

Praktik Filantropi Islam sebenarnya telah lama terbangun sejak periode awal Islam dan kemudian berkembang menjadi salah satu praktik yang populer seiring dengan perkembangan Islam. Zakat, infaq, sedekah, dan wakaf atau yang sering kita kenal dengan ZISWAF merupakan praktik Filantropi Islam yang paling populer yang masuk dan berkembang di Nusantara. Program Kampung Zakat Terpadu juga menjadi salah satu adanya penerapan Filantropi Islam dengan harapan kehidupan sosial yang lebih baik melalui sejumlah pemberdayaan ekonomi, pendidikan, dan sebagainya Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana implementasi filantropi islam melalui program kampung zakat terpadu di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo?, 2. Bagaimana dampak dari implementasi filantropi islam melalui program kampung zakat terpadu di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo? Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Untuk menganalisis implementasi filantropi islam melalui program kampung zakat terpadu di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo. 2. Untuk menganalisis dampak dari implementasi filantropi islam melalui program kampung zakat terpadu di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Untuk teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Selain itu untuk keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan, 1. Implementasi filantropi Islam melalui program kampung zakat terpadu di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu kegiatan filantropi yang berbentuk tradisional maupun social change philanthropy dengan jenis filantropi Islam berupa penerapan adanya ZIS (Zakat, Infaq, dan Sedekah) yang kemudian disalurkan kepada fakir, miskin, dan fisabilillah. Program tersebut memiliki 5 program utama, yaitu Probolinggo Pintar, Probolinggo Makmur, Probolinggo Peduli, Probolinggo Taqwa, dan Probolinggo Sehat. 2. Adapun dampak dari implementasi Filantropi Islam melalui program kampung zakat terpadu di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo yaitu memberikan pelayanan berupa bantuan layanan sosial (social service) yang dapat mengurangi beban kemiskinan masyarakat melalui program Probolinggo Peduli dan Probolinggo Sehat serta melakukan perubahan sosial (social change) yang dapat merubah kehidupan masyarakat baik dari segi ekonomi maupun pendidikan dan lain sebagainya melalui program Probolinggo Pintar, Probolinggo Makmur, dan Probolinggo Taqwa. Kata Kunci: Filantropi Islam, Program Kampung Zakat Terpadu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 03 Nov 2023 07:25
Last Modified: 03 Nov 2023 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29146

Actions (login required)

View Item View Item