firdani, yunita (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII DI SMP NEGERI 1 ARJASA KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.
Text
Yunita Firdani_T20177095.pdf Download (17MB) |
Abstract
Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Realistic Mathematic Education, Bentuk Aljabar. Bahan ajar merupakan seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak tertulis, sehingga tercipta lingkungan atau suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar. Salah satu bahan ajar yang selama proses pembelajaran tidak berpusat pada guru dan siswa bisa bekerja dengan panduan yang sudah ada yaitu Lembar Kerja Siswa. Lembar Kerja Siswa adalah alat bantu siswa dalam bekerja. Lembar Kerja Siswa ini dikembangkan dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education, yaitu belajar matematika melalui masalah-masalah kontekstual. Dengan melibatkan aktivitas dan semua unsur dalam kehidupan sehari-hari maka pembelajaran matematika akan lebih bermakna, interaksi antara guru dan siswa akan terjalin dengan baik, guru menjadi fasilitator dan siswa menjadi aktif. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: 1) bagaimana proses pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis Realistic Mathematic Education pada materi bentuk aljabar kelas VII di SMP NEGERI 1 ARJASA Kabupaten JEMBER? Dan 2) bagaimana kevalidan Lembar Kerja Siswa berbasis Realistic Mathematic Education pada materi bentuk aljabar kelas VII di SMP NEGERI 1 ARJASA Kabupaten JEMBER?. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan proses pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis Realistic Mathematic Education pada materi bentuk aljabar kelas VII di SMP NEGERI 1 ARJASA Kabupaten JEMBER. Dan 2) mendeskripsikan hasil kevalidan pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis Realistic Mathematic Education pada materi bentuk aljabar kelas VII di SMP NEGERI 1 ARJASA Kabupaten JEMBER. Untuk mendeskripsikan permasalah tersebut, penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan menerapkan sebagian model ADDIE yaitu tahap ADD. 1) Analisis (Analysis) meliputi analisis kurikulum, analisis materi dan analisis kondisi peserta didik. 2) Desain (Design) meliputi penyusunan desain lembar kerja siswa dan penyusunan desain instrumen penelitian yang didesain menggunakan Software Microsoft Word 2010. 3) Pengembangan (Development) tahap ini meliputi pengembangan lembar kerja siswa dan pengembangan instrumen penelitian, untuk mengetahui kelayakan penelitian ini menggunakan uji kevalidan yang akan dinilai oleh ahli materi, ahli bahasa dan ahli media. Penelitian ini disesuaikan dengan keadaan masa pandemi. Sehingga penelitian hanya menggunakan uji kevalidan. 1) Hasil validasi oleh para ahli didapatkan nilai 81,9% dari ahli materi, 90% dari ahli bahasa dan 88% dari ahli media. 2) Dari uji kevalidan didapatkan rata-rata keseluruhan sebesar 86,6%, sehingga memenuhi kriteria sangat valid. Dengan demikian produk Lembar Kerja Siswa yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 03 Nov 2023 07:24 |
Last Modified: | 03 Nov 2023 07:24 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29147 |
Actions (login required)
View Item |