METODE PEMBAYARAN CASH ON DELIVERY (COD) MELALUI JASA EKSPEDISI PT. POS INDONESIA JEMBER DALAM ANALISIS FATWA DSN MUI NOMOR 113/DSN-MUI/IX/2017 TENTANG AKAD WAKALAH BI AL-UJRAH

ilma ahmad, zakiyyah (2021) METODE PEMBAYARAN CASH ON DELIVERY (COD) MELALUI JASA EKSPEDISI PT. POS INDONESIA JEMBER DALAM ANALISIS FATWA DSN MUI NOMOR 113/DSN-MUI/IX/2017 TENTANG AKAD WAKALAH BI AL-UJRAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Zakiyyah Ilma Ahmad_S20172003.pdf

Download (12MB)

Abstract

Kata Kunci : Cash On Delivery, PT. POS Indonesia, Akad Wakalah Bi Al-Ujrah, Fatwa DSN MUI tentang Akad Wakalah Bi Al-Ujrah Cash on delivery (COD) adalah metode pembayaran dimana pembeli bisa membayar pesanan secara tunai pada saat pesanan tiba di tujuan diantar oleh kurir. PT. Pos Indonesia Jember akan meminta upah atas pekerjaan yang diserahkan kepadanya dengan pembayaran fee istilah mengenai perwakilan dengan pembayaran upah dalam Islam disebut dengan akad wakalah bi al-ujrah yang terdapat pada fatwa DSN MUI Nomor 113/DSN-MUI/IX/2017 tentang Wakalah Bi Al-Ujrah. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah : a.bagaimana metode pembayaran cash on delivery (COD) antara penjual dan pembeli melalui jasa ekspedisi PT. Pos Indonesia Jember b.Bagaimana metode pembayaran cash on delivery (COD) melalui jasa ekspedisi PT. Pos Indonesia Jember dalam analisis fatwa DSN MUI Nomor 113/DSN-MUI/IX/2017 tentang akad Wakalah Bi AlUjrah. Tujuan penelitian ini adalah a.untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode pembayaran cash on delivery (COD) antara penjual dan pembeli melalui jasa ekspedisi PT.Pos Indonesia Jember b.untuk mengethaui dan menganalisis metode pembayaran cash on delivery (COD) melalui perantara jasa ekspedisi PT.Pos Indonesia jember dalam analisis Fatwa DSN MUI Nomor 113/DSNMUI/IX/2017 tentang akad Wakalah Bi Al-Ujrah. Jenis dan pendekatan penelitian ini adalah pendekatan yuridis empiris atau disebut dengan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur, observasi partisipatif dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif-kualitatif. Peneliti menguji dan memastikan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan a. terdapat ciri khas praktik metode pembayaran COD pada POS yakni penjual dapat memilih opsi apakah ongkos kirim dan fee COD dibebankan kepada penjual atau dibebankan kepada pembeli ,penjual terlebih dahulu menanggung pembayaran ongkos kirim pembeli pada awal transaksi pengiriman barang dan penjual memiliki rekening virtual bernama PosGiro Mobile untuk peyimpanan uang pembayaran yang telah diterima jasa ekspedisi POS dari pihak pembeli. b. Semua ketentuan rukun dan syarat akad pada Fatwa DSN MUI Nomor 113/DSN-MUI/XI/2017 tentang akad Wakalah Bi AlUjrah telah sesuai dengan praktik metode pembayaran cash on delivery antara penjual dan pembeli melalui jasa ekspedisi PT. POS Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 03 Nov 2023 07:24
Last Modified: 03 Nov 2023 07:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29149

Actions (login required)

View Item View Item